Lagi, Warga Antang Blok 10 Makassar Mengungsi karena Banjir

Lebih dari 700 warga mengungsi karena banjir di Makassar

Makassar, IDN Times - Hujan yang terjadi dalam dua hari terakhir di Kota Makassar dan sekitarnya menyebabkan banjir di beberapa lokasi. Salah satunya, Perumnas Antang Blok 10, Kelurahan Manggala, Kecamatan Manggala, yang memang telah menjadi lokasi langganan banjir.

Ratusan warga terpaksa mengungsi lagi akibat banjir tersebut. Berdasarkan laporan warga, air mulai merendam pemukiman warga sejak Sabtu (24/12/2022) malam. 

Lurah Manggala, Arwina Aminuddin, menyebutkan ketinggian air naik sedikit demi sedikit menyusul tingginya intensitas hujan. Air pun meninggi sekitar 40 cm di malam hari. 

"Kemarin kami sempat pantau, masih bisa masuk jalan di posko, di masjid, walaupun masih di atas lutut. Tapi sekarang kami sudah tidak bisa ke situ karena memang perkembangannya sangat cepat, walaupun hujan gerimis tapi air mengalir ke sini cukup deras," kata Arwina, Minggu (25/12/2022).

1. Bukan yang paling parah

Lagi, Warga Antang Blok 10 Makassar Mengungsi karena BanjirKondisi banjir di Blok 10 Perumnas Antang Makassar, Minggu (25/12/2022). IDN Times/Istimewa

Arwina memastikan saat ini pihaknya masih terus memantau situasi di lapangan. Sejauh ini, banjir terparah memang dilaporkan terjadi di Blok 10 RW 8 dan Blok 8 yakni jalan akses menuju Blok 10. 

"Kalau akses menuju ke Blok 10 itu dari kemarin sudah tidak bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat karena di Jalan Kecaping itu agak rendah dan ketinggian air sudah di atas 50 cm. Truk saja tadi malam itu dievakuasi. Truk ada yang terjebak didorong," kata Arwina.

Meski kembali terjadi banjir yang mengakibatkan warga setempat terpaksa mengungsi, namun Arwina menyebutkan bahwa banjir kali ini bukanlah yang paling parah. Walau begitu, banjir kali ini tetap tidak bisa diremehkan.

"Sebelumnya ada yang lebih parah. Pernah memang dua kali terjadi seperti ini. Jadi kalau sudah turun satgas BPBD, di sini stand by siaga bawa perahu karet evakuasi warga. Jadi kami anggap ini juga termasuk kategori agak berat seperti tahun 2019," kata Arwina.

2. Sebanyak 743 orang mengungsi

Lagi, Warga Antang Blok 10 Makassar Mengungsi karena BanjirKondisi banjir di Blok 10 Perumnas Antang Makassar, Minggu (25/12/2022). IDN Times/Istimewa

Sejauh ini, tercatat ada 521 orang dewasa di Kelurahan Manggala yang mengungsi akibat banjir. Kemudian, sebanyak 150 anak di atas 5 tahun, 43 orang balita, 12 orang bayi, 14 orang lansia, dan 3 orang ibu hamil.

Data tersebut, kata Arwina, masih merupakan data sementara untuk pengungsi. Data ini belum termasuk jumlah warga yang terdampak banjir namun tidak mengungsi.

"Kalau yang terdampak mungkin sudah ribuan. Masih ada yang tinggal. Yang tinggal itu memang masih menganggap bahwa masih bisa bertahan. Tapi tadi malam puncaknya sudah banyak yang mengungsi karena katanya tidak sangka air naik secepat itu," kata Arwina.

Baca Juga: Banjir, Warga Perumnas Antang Makassar Mulai Mengungsi

3. Personel disiagakan di lokasi pengungsian

Lagi, Warga Antang Blok 10 Makassar Mengungsi karena BanjirKondisi banjir di Blok 10 Perumnas Antang Makassar, Minggu (25/12/2022). IDN Times/Istimewa

Terkait bantuan, Arwina memastikan pihaknya telah menyiagakan dapur umum di Masjid Jabal Nur, lokasi pengungsian tersebut. Di sana, bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah maupun Dinas Sosial telah disiapkan mulai dari peralatan dapur hingga perangkat lainnya. 

"Dinas sosial membawa bahan masaknya. Alhamdulillah itu akan dibuatkan makanan untuk seluruh pengungsi. Ada 743 dibuatkan," katanya.

Dari sisi kesehatan, tim dari Dinas Kesehatan juga telah siap di sana. Pasalnya, tak sedikit warga yang mulai mengalami keluhan kesehatan.

"Mulai dari kemarin hari pertama ada yang mengeluh gatal-gatal, hipertensi, pusing, sesak itu sudah ditangani gerak cepat Dinas Kesehatan terdiri dari petugas Puskesmas," kata Arwina.

Baca Juga: BPBD Makassar Diingatkan Antisipasi Banjir di Daerah Rawan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya