BPBD Makassar Diingatkan Antisipasi Banjir di Daerah Rawan

Daerah rawan banjir perlu diantisipasi sejak dini

Makassar, IDN Times - Sekretaris Daerah Kota Makassar Muhammad Ansar mengingatkan kepada jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar meningkatkan kekompakan dalam kesiapsagaan menghadapi bencana alam. Personel juga diminta memaksimalkan pelayanan kepada korban bencana saat musim hujan.

Sekda mengatakan, ada beberapa titik rawan bencana banjir di Makassar. Di antaranya Kecamatan Manggala dan Biringkanaya yang jadi daerah langganan banjir saat musim hujan. 

"Saya minta daerah yang dikelompokkan ini menjadi perhatian dan segera diantisipasi sejak dini," kata Ansar dikutip dari Antara, Rabu (7/12/2022).

Baca Juga: Danny Pomanto Perintahkan Jajaran Pemkot Makassar Siaga Dampak Banjir

1. Sekda ingatkan pentingnya koordinasi dan komunikasi

BPBD Makassar Diingatkan Antisipasi Banjir di Daerah RawanSekertaris Daerah Kota Makassar Muhammad Ansar. IDN Times/Asrhawi Muin

Sekda meminta semua pihak terkait penanganan bencana saling bahu membahu dalam menghadapi musibah alam. Melihat kondisi saat ini telah masuk musim hujan, Ansar menyampaikan bahwa koordinasi dan komunikasi adalah hal yang penting ketika terjadi bencana.

Mantan Kepala Dinas Prasarana Umum ini berharap agar personel di lapangan tanggap akan kebutuhan warga yang terdampak dan segera berkoordinasi dengan pihak terkait untuk membantu korban secepat mungkin.

“Personel lapangan tolong lebih peka dan sigap melihat apa yang dibutuhkan warga di lokasi. Makanan, pakaian, bantuan medis atau hal lainnya itu harus segera dikomunikasikan agar layanan dapat maksimal," tuturnya.

2. Keselamatan jiwa paling penting

BPBD Makassar Diingatkan Antisipasi Banjir di Daerah Rawanilustrasi Petugas BPBD distribusikan makanan buat warga korban banjir (IDN Time/istimewa)

Selain penanganan bencana, kata Ansar, tim di lapangan juga harus mengutamakan keselamatan jiwanya saat melaksanakan tugas membantu penanganan bila terjadi musibah kebencanaan.

"Jadi, perhatikan dan identifikasi bencananya lalu segera berikan pertolongan. Utamakan keselamatan jiwa korban lalu evakuasi dan berikan bantuan makan minum serta medis," kata Ansar.

Saat mengggelar apel gladi kesiapsiagaan dalam penanganan banjir di Makassar, Selasa (6/12/2022), hadir Kepala Basarnas Sulsel, Kadinsos Makassar, Kasatpol PP Makassar, Kepala BPBD Makassar, personil TNI Polri dan sejumlah relawan bencana.

3. Sejumlah daerah di Makassar rawan banjir

BPBD Makassar Diingatkan Antisipasi Banjir di Daerah RawanBanjir di Perumnas Antang, Kelurahan Tamangapa, Kecamatang Manggala, Makassar, pada akhir tahun 2020.. IDN Times/Sahrul Ramadan

Data BPBD Kota Makassar mencatat terdapat enam lokasi yang menjadi titik masuk zona rawan banjir meliputi wilayah Kecamatan Biringkanaya, Tamalanrea, Manggala, Tamalate, Panakukang dan Rappocini.

Pada pertengahan November 2022, ada dua lokasi terdampak banjir karena volume air hujan serta air kiriman meluapnya air sungai di masing-masing Kecamatan Manggala dan Kecamatan Biringkanaya. Jumlah warga terdampak mencapai 893 jiwa dengan 227 Kepala Keluarga dan titik pengungsian 18 unit.

Baca Juga: Waspada Penyakit Berbahaya saat Banjir, Ini Tipsnya!

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya