KPU Makassar Telah Terima Semua Logistik Pemilu 2024 untuk Tahap I

KPU Makassar Telah Terima Logistik Pemilu 2024 untuk Tahap P

Makassar, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar telah menerima semua logistik untuk penyelenggaraan Pemilu 2024 yang didistribusikan oleh KPU RI. Pendistribusian ke gudang logistik KPU Makassar tahap pertama ini sudah rampung.

Distribusi logistik tahap pertama itu meliputi bilik suara, kotak suara, tinta, segel dan segel plastik. Logistik-logistik ini telah disimpan di gudang penyimpanan KPU Makassar di Jalan Ir Sutami.

"Saat ini semua logistik tahap 1 sudah masuk di gudang penampungan logistik KPU Kota Makassar," kata Ketua KPU Kota Makassar, Faridl Wajdi, saat diwawancarai IDN Times, Selasa (14/11/2023).

1. Logistik tahap pertama terdiri dari 5 jenis

KPU Makassar Telah Terima Semua Logistik Pemilu 2024 untuk Tahap IBilik suara yang disimpan di gudang penyimpanan KPU Makassar, Rabu (25/10/2023). Dok. KPU Makassar

Logistik tahap pertama terdiri dari 5 jenis. Secara total, logistk ini meliputi kotak suara sebanyak kotak suara sebayak 20.050 lembar, tinta sebanyak 8.008 buah, segel plastik 104.104 buah, bilik 16.016 buah dan segel kertas 384.707 yang sedang dihitung.

Setelah ini, KPU bersiap menerima kiriman logistik tahap kedua. Logistik tahap kedua meliputi surat suara, formulir dan keperluan lainnya.
"Tahap 2 saat ini sedang dimulai biddingnya oleh sekretariat," kata Faridl.

2. Menjaga kemanan logistik

KPU Makassar Telah Terima Semua Logistik Pemilu 2024 untuk Tahap IKPU Makassar menerima kiriman bilik suara untuk Pemilu 2024. (Dok. KPU Makassar)

KPU pun berupaya untuk menjaga kualitas dan keamanan logistik ini, salah satunya mengantisipasi banjir. Hal ini mengingat bahwa Pemilu 2024 kemungkinan besarr dilaksanakan saat musim hujan.
Untuk mengurangi potensi kerusakan, KPU telah menyiapkan langkah antisipasi. Gudang penyimpanan telah disiapkan sebaik mungkin sesuai standar sebelum logistik-logistik tiba.

"Seperti ruang gudang terintegrasi, penggunaan valet, dan penggunaan pengatur suhu ruang, cctv, dan lain-lain," kata Faridl.

Baca Juga: KPU Makassar Selidiki 8 Anggota PPS-PPK Terima Uang dari Caleg

3. Logistik akan didisribusikan ke 4.004 TPS

KPU Makassar Telah Terima Semua Logistik Pemilu 2024 untuk Tahap IKetua KPU Makassar Faridl Wajdi. IDN Times/Asrhawi Muin

Seluruh logistik Pemilu yang berada di gudang logistik Kota Makassar akan didistribusikan ke 4.004 TPS yang tersebar di 153 kelurahan di 15 kecamatan. Pendistrbusian logistik ini akan diawasi oleh petugas gabungan.

Kotak suara masing-masing untuk menampung surat suara pemilihan Anggota DPR RI, DPRD Provonsi, dan DPRD Kota. Lalu untuk pemilihan Anggota DPD dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Baca Juga: Usut Pelanggaran PPK-PPS, KPU Makassar Rampungkan Administrasi

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya