Kadinkes Sulsel Umumkan Diri Positif Corona, Netizen: Jantan!

Keluarga dan kerabat diminta lakukan physical distancing

Makassar, IDN Times - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan Ichsan Mustari positif terinfeksi virus Corona atau COVID-19. Hal itu dia umumkan melalui sebuah video berdurasi 2 menit 30 detik yang tersebar di media sosial dan grup Whatsapp di Makassar. Sebelumnya, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah lebih dahulu mengonfirmasi perihal status positif Kadis Kesehatan. 

Melalui video tersebut, Ichsan menyampaikan kondisi kesehatannya saat ini. Dia mengaku dalam keadaan sehat tanpa ada gejala demam, batuk maupun sesak napas.

"Berdasarkan pemeriksaan PCR atau polymerase chain reaction untuk diagnosis COVID-19, diri saya hasilnya positif," kata Ichsan, kata Ichsan, Jumat (27/3).

Sikap Ichsan mengumumkan sendiri status positif terjangkit corona, diapresiasi sejumlah kalangan. Pada umumnya, mereka memuji keteguhan dan kejujuran Ichsan menyampaikan kondisinya.  "Jantan," tulis akun @DaengCha di media sosial Twitter.

Kejujuran pasien, menurut Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin, merupakan salah satu faktor penting dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona. "Keterbukaan dan kejujuran pasien akan menyelamatkan jiwa dan menghentikan penularan COVID-19 kepada orang lain, termasuk tenaga medis," kata Ma'ruf dikutip Antara, 23 Maret lalu.

1. Ichsan mejalani isolasi mandiri di rumah

Kadinkes Sulsel Umumkan Diri Positif Corona, Netizen: Jantan!Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Ichsan Mustari. IDN Times/Asrhawi Muin

Meski hasil pemeriksaannya positif, namun Ichsan mengaku hanya akan melakukan isolasi mandiri di rumah. Hal ini disebutnya atas pertimbangan dari dokter yang melihat kondisi kesehatannya yang tidak menunjukkan gejala.

"Berdasarkan pertimbangan dokter terkait kondisi saya yang tidak bergejala maka ditetapkan untuk saya adalah isolasi mandiri di rumah," kata Ichsan.

2. Orang yang pernah melakukan kontak diminta physical distancing

Kadinkes Sulsel Umumkan Diri Positif Corona, Netizen: Jantan!Infografis social distancing virus corona (IDN Times/Arief Rahmat

Dalam video tersebut, Ichsan juga meminta para keluarga, sahabat, maupun staf di kantornya yang pernah melakukan kontak dengannya dalam beberapa hari sebelumnya untuk melakukan penjarakan fisik atau physical distancing.

"Kiranya bisa melakukan physical distancing dengan orang sekitar sambil tetap melakukan perilaku hidup bersih dan sehat. Seandainya di dalam masa waktu 14 hari timbul gejala maka sebaiknya para sahabat, keluarga untuk melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan terdekat," kata Ichsan.

Baca Juga: [BREAKING] Kadis Kesehatan Sulsel Umumkan Positif Terinfeksi Corona

3. Tim gugus tugas diminta tetap semangat

Kadinkes Sulsel Umumkan Diri Positif Corona, Netizen: Jantan!IDN Times/Yogi Pasha

Sebagai informasi, Ichsan Mustari juga merupakan juru bicara tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Sulsel. Karena hal itu pula, ia juga meminta kepada tim gugus tugas untuk tetap semangat dalam menjalankan tugas.

"Kepada teman-teman tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 di Sulawesi Selatan, saya harapkan untuk tetap jaga semangat. Kita saat ini yang terdepan untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat," kata Ichsan.

Baca Juga: [BREAKING] Gubernur Konfirmasi Kadis Kesehatan Sulsel Positif Corona

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya