Job Fair Agustus 2022, Tersedia Ribuan Lowongan Kerja di Makassar

Khusus bagi warga Makassar

Makassar, IDN Times - Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar  akan menggelar pameran bursa kerja atau job fair yang menyediakan ribuan lowongan kerja. Job fair ini bakal dilaksanakan di Mall Phinisi Point Makassar pada 10 - 11 Agustus 2022.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar, Nielma Palamba, mengatakan pihaknya telah menyosialisasikan informasi job fair ini di berbagai platform seperti akun Instagram resmi Disnaker Makassar, videotron di tempat-tempat strategis, serta brosur-brosur di sejumlah lorong wisata. 

"Kami sudah memberikan informasi dengan harapan bahwa 1.704 lowongan kerja yang kita dapatkan dari 50 perusahaan," kata Nielma di Makassar, Rabu (3/8/2022).

1. Angka pengangguran diharapkan menurun

Job Fair Agustus 2022, Tersedia Ribuan Lowongan Kerja di MakassarIlustrasi para pencari kerja. IDN Times/Galih Persiana

Job fair ini, kata Nielma, merupakan bagian dari visi dan misi Pemerintah Kota Makassar yaitu 100.000 skill training gratis dan 10.000 peluang bisnis. Tentunya, tenaga kerja yang diharapkan terjaring dari job fair ini sesuai dengan spesifikasi keilmuan.

"Tingkat pengangguran terbuka kita 13,18 persen untuk tahun 2021. Semoga tahun ini ketika nanti dirilis oleh BPS, kita bisa turun dari 13 persen. Kami targetkan itu supaya turun karena tugas kita ini kan mengintervensi program yang kaitannya dengan mengurangi pengangguran," katanya.

2. Diprioritaskan hanya bagi warga Makassar

Job Fair Agustus 2022, Tersedia Ribuan Lowongan Kerja di MakassarIDN Times/Galih Persiana

Nielma mengatakan bahwa bursa kerja ini diprioritaskan bagi warga Kota Makassar. Dengan demikian, warga dari luar Kota Makassar secara otomatis akan ditolak saat pendaftaran online.

"Kita sudah punya perwali terkait peluang kerja untuk warga lokal dan untuk memprioritaskan warga Makassar, dan itu kami sudah sampaikan ke perusahaan," kata Nielma.

Baca Juga: Serapan Anggaran Rendah, Pemkot Makassar Beri 18 OPD Rapor Merah

3. Pendaftar diminta lengkapi berkas fisik

Job Fair Agustus 2022, Tersedia Ribuan Lowongan Kerja di MakassarIlustrasi bursa tenaga kerja (IDN Times/Galih Persiana)

Bagi para pencari kerja, Nielma meminta mereka mempersiapkan diri termasuk dengan menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan. Karena meskipun pendaftaran dibuka secara online, namun tak menutup kemungkinan perusahaan yang berpartisipasi langsung mengadakan wawancara di tempat.

"Harapannya lebih awal warga Makassar mempersiapkan seluruh dokumen standar yang dibutuhkan oleh perusahaan seperti ijazah, sertifikat apa yang dimiliki, kompetensi apa yang dipunyai. Kita berharap langsung wawancara di tempat itu," ujarnya.

Adapun 50 perusahaan yang berpartisipasi mulai dari perusahaan otomotif, perhotelan, keuangan, pabrik-pabrik kemasan olahan, transportasi, dan ritel modern. Peserta yang akan hadir dalam job fair tersebut terlebih dahulu harus mengisi form pada laman https://bit.ly/

Baca Juga: ASN Pemkot Makassar yang Bolos Kerja 6 Bulan Masih Diperiksa

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya