Jalan Cenderawasih Resmi Berganti Nama Jadi Jalan Opu Daeng Risadju

Nama jalan diambil dari nama pahlawan nasional asal Luwu

Makassar, IDN Times - Jalan Cenderawasih di Kecamatan Mariso, Kota Makassar, resmi berubah nama per hari ini, Selasa (22/8/2023). Jalan ini kini berubah nama menjadi Jalan Opu Daeng Risadju.

Penggantian nama jalan tersebut diresmikan oleh Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Poman. Danny menjelaskan alasan mengubah nama jalan tersebut karena Opu Daeng Risadju merupakan pahlawan nasional.

"Beliau memberi inspirasi isu gender perjuangan para wanita sekarang menjadi bagian yang penting dalam kehidupan dunia. Maka hadirnya Opu Daeng Risadju ini adalah bagian kebanggaan kami," kata Danny usai peresmian tersebut.

Baca Juga: Pengganti Nama Jalan Cenderawasih, Siapa Opu Daeng Risaju?

1. Jalan pertama yang pakai kode bar

Jalan Cenderawasih Resmi Berganti Nama Jadi Jalan Opu Daeng RisadjuPeresmian penggantian nama jalan dari Jalan Cenderawasih menjadi Jalan Opu Daeng Risadju. (Dok. Humas Pemkot Makassar)

Papan Jalan Opu Daeng Risadju menyediakan kode bar. Danny menjelaskan bahwa Jalan Opu Daeng Risadju ini merupakan jalan pertama yang kode barnya bisa dipindai.

Setelah ini, dia akan merevitalisasi semua nama-nama jalan. Barcode ini akan memberikan informasi mengenai nama jalan tersebut beserta sejarahnya.

"Saya belum lihat juga, tapi laporan teman-teman adalah sejarahnya, supaya orang tahu apa sebenarnya, siapa beliau, siapapun yang punya nama jalan," kata Danny.

2. Danny masih menerima usulan penggantian nama jalan

Jalan Cenderawasih Resmi Berganti Nama Jadi Jalan Opu Daeng RisadjuWali Kota Makassar Moh. Ramdhan 'Danny' Pomanto. (Dok. Humas Pemkot Makassar)

Selanjutnya, Danny menyatakan bersedia menerima usulan nama-nama lainnya untuk penggantian nama jalan. Maka tidak menutup kemungkinan ke depannya ada lagi nama jalan di Kota Makassar yang berubah.

"Memang ada usulan yang sudah masuk ke kita ada di Indonesia timur. Kemudian Sir Alfred Russel Wallace yang menggemparkan dunia. Belum ada untuk nama Sulawesi Selatan," kata Danny.

3. Penggantian nama jalan diusulkan KKLR Sulsel

Jalan Cenderawasih Resmi Berganti Nama Jadi Jalan Opu Daeng RisadjuLukisan Opu Daeng Risaju/Dok. Istimewa (Muzakkir)

Pergantian nama ini berawal dari permintaan Kerukunan Keluarga Luwu Raya (KKLR) Sulsel untuk menjadikan nama pahlawan asal Luwu Opu Daeng Risaju sebagai nama jalan di Makassar pada Desember 2022.

"Secara hormat kami usulkan ke Pak Wali kita pada saat rakernas untuk diusulkan menjadi Opu Daeng Risadju. Alhamdulillah Pak Wali Kota menanggapi dan meresmikan Jalan Cendrawasih sebagai Opu Daeng Risadju," kata Ketua KKLR Sulsel, Hasbi Syamsu Ali.

Opu Daeng Risadju merupakan pejuang perempuan asal Sulawesi Selatan yang menjadi Pahlawan Nasional Indonesia. Dia ditetapkan sebagai pahlawan nasional berdasarkan SK Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2006.

Opu Daeng Risaju memiliki nama kecil Famajjah. Opu Daeng Risaju itu sendiri merupakan gelar kebangsawanan Kerajaan Luwu yang disematkan pada Famajjah yang memang merupakan anggota keluarga bangsawan Luwu.

Baca Juga: Jalan Cendrawasih Makassar Berganti Nama jadi Jalan Opu Daeng Risadju

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya