Jalan Cendrawasih Makassar Berganti Nama jadi Jalan Opu Daeng Risadju

Keluarga sambut baik penamaan Jalan Opu Daeng Risadju

Makassar, IDN Times - Jalan Cendrawasih di Kota Makassar akan berganti nama menjadi Jalan Opu Daeng Risadju mulai besok, Selasa 22 Agustus 2023. Penggantian nama ini akan diresmikan oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto.

Keluarga Opu Daeng Risadju menyambut baik penggantian nama tersebut.  Koordinator Keluarga Opu Daeng Risadju, Muhammad Fachruddin, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Makassar atas dipilihnya nama Opu Daeng Risadju untuk perubahan nama Jalan Cendrawasih.

"Kami apresiasi atas Pemerintah kota Makassar yang sudah mengubah nama Jalan Cendrawasih menjadi Jalan Opu Daeng Risadju," kata Fachruddin kepada IDN Times.

1. Proses panjang sebelum penggantian nama akhirnya disetujui

Jalan Cendrawasih Makassar Berganti Nama jadi Jalan Opu Daeng RisadjuJalan Cendrawasih Makassar/Google Street

Fachruddin menjelaskan nama Opu Daeng Risadju telah diajukan sebagai nama jalan sejak tahun 2017 silam. Awalnya, nama Opu Daeng Risadju diajukan untuk mengganti nama Jalan Landak Lama. 

Pengajuan nama ini bersamaan dengan dua nama pahlawan nasional lainnya yaitu Jalan Andi Djemma menggantikan Jalan Landak Baru serta Jalan Pajonga Daeng Ngalle menggantikan Jalan Kakatua. Hanya saja, saat itu belum ada SK dari DPRD dan Bagian Hukum Pemerintah Kota Makassar sehingga nama Opu Daeng Risaju belum bisa menjadi nama jalan.

"Alhamdulillah ini prosesnya lumayan. Sekitar tahun 2021 bulan Agustus, kami menghadap ke Bapak Wali Kota. Audiensi kembali bilang bagaimana ini untuk diadakan nama jalan ini yang sempat tertunda. Akhirnya berjalan prosesnya disetujuilah," kata Fachruddin.

Persetujuan ini, kata dia, tidak terlepas dari dukungan organisasi Pengurus Besar Ikatan Pelajar Mahasiswa Indonesia Luwu (PB IPMIL) dan Komite Nasional dan Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Makassar. Proses terus berjalan sehingga saat Musyawarah Kerukunan Keluarga Luwu Raya (KKLR) pada Desember 2022 lalu, Ketua KKLR Sulawesi Selatan Hasbi Syamsu Ali merekomendasikan Wali Kota Makassar untuk mengadakan nama Jalan Opu Daeng Risadju di Kota Makassar mengingat Opu Daeng Risadju adalah pahlawan nasional asal Luwu Raya. 

"Desember lalu Pak Wali bilang kita akan serahkan ke DPRD. Saya juga hadir di sana, dipanggil oleh komisi A dan Bapemperda. Alhamdulillah disetujui untuk mengganti ruas Jalan Cenderawasih di perempatan Jalan Haji Bau sampai ke perempatan Jalan Pajonga Daeng Ngalle, termasuk Jalan cendrawasih 2,3,4,5 itu berubah jadi Jalan Opu Daeng Risadju 2,3,4,5," kata Fachruddin.

2. Keluarga berharap Opu Daeng Risadju

Jalan Cendrawasih Makassar Berganti Nama jadi Jalan Opu Daeng RisadjuLukisan Opu Daeng Risadju, salah satu Pahlawan Nasional asal Sulawesi Selatan (Dok. Direktorat Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial Kementerian Sosial)

Fachruddin juga mewakili keluarga mengucapkan banyak terima kasih kepada Wali Kota Palopo Judas Amir yang pada 2017 silam juga merekomendasikan nama Opu Daeng Risadju kepada Danny Pomanto sebagai nama jalan di Kota Makassar. Keluarga juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Luwu Basmin Mattayang karena pada periode pertamanya menjabat bupati dia memindahkan makam Opu Daeng Risadju ke Taman Makam Pahlawan di Belopa.

"Dan tidak lupa ucapan terima kasih kami yang tak terhingga kepada seluruh pemuda pemudi Luwu, baik yang ada di Luwu Raya maupun yang berada di Kota Makassar atas support-nya yang luar biasa tak kenal lelah membantu menuju kepada terpasangnya tiang jalan ini," kata Fachruddin.

Nama Opu Daeng Risadju yang diabaikan sebagai nama jalan tentu memberikan hikmah tersendiri bagi keluarga. Menurut Fachruddin, hal ini akan membuat Opu Daeng Risadju menjadi lebih dikenal publik, khususnya masyarakat di Kota Makassar. 

Fachruddin menuturkan dirinya pernah mengunjungi tempat digital printing untuk membuat baliho Opu Daeng Risadju, dia sempat bertanya kepada operator di sana yang merupakan seorang perempuan.

Namun operator perempuan itu ternyata tidak tahu mengenai Opu Daeng Risadju. Fachruddin mengamini bahwa belum banyak memang masyarakat bahkan di Makassar yang tahu perihal sosok Opu Daeng Risadju meskipun telah dinobatkan sebagai pahlawan nasional.

"Kami harapkan dari keluarga dengan adanya nama jalan di Makassar, orang bisa tahu mengenai Opu Daeng Risadju. Kita lihat Aceh ada Cut Nyak Dien, begitu pun Sulsel ada pahlawan nasional perempuannya namanya Opu Daeng Risadju. Maka kita perlu mengambil nilai-nilai perjuangannya," kata Fachruddin.

Baca Juga: 10 Singkatan Unik Nama Jalan di Makassar, Sucer hingga Kajol 

3. Opu Daeng Risadju masuk daftar pahlawan nasional

Jalan Cendrawasih Makassar Berganti Nama jadi Jalan Opu Daeng RisadjuJalan Cendrawasih Makassar/Google Street

Opu Daeng Risadju merupakan satu dari 13 pahlawan nasional asal Sulawesi Selatan. Dia menyandang status itu secara resmi berdasarkan SK Presiden tahun 2006 pada masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Namun sampai saat ini, hanya 12 pahlawan yang namanya diabadikan menjadi nama jalan di Kota Makassar. Artinya, tinggal Opu Daeng Risaju yang belum. Menurut Fachruddin ini merupakan penutupan untuk menjadikan nama pahlawan nasional sebagai nama jalan di Kota Makassar.

"Makassar ini kan ibukota provinsi Sulawesi Selatan. Dari 13 itu, 12 sudah ada nama jalannya tinggal ini penutupnya Opu Daeng Risadju," kata Fachruddin.

Baca Juga: Meluruskan Salah Kaprah Nama Jalan Bau Mangga di Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya