Ini Alasan Appi Tidak Tunda Beri Selamat ke Danny di Pilkada Makassar

Appi beri selamat ke Danny usai quick count Pilkada Makassar

Makassar, IDN Times - Calon Wali Kota Makassar nomor urut 2, Munafri Arifuddin, mengungkapkan alasan mengapa dirinya langsung mengucapkan selamat kepada Moh Ramdhan "Danny Pomanto", saingannya di Pilkada Makassar, usai sejumlah lembaga survei mengumumkan hasil perhitungan cepat atau quick count, Rabu, 9 Desember.

Hal itu diungkapkan Appi-sapaan Munafri, saat menjadi narasumber dalam program Rosi yang ditayangkan stasiun televisi Kompas TV, Kamis (10/12/2020). Program bertema Harap-Harap Cemas Pilkada tersebut juga menghadirkan Danny sebagai salah satu narasumber.

Appi mengatakan, ketika timnya melihat hitungan real count secara internal dan angkanya menunjukkan sudah tidak mungkin lagi mengejar Danny Pomanto yang unggul jauh, maka pihaknya pun memutuskan untuk menyampaikan selamat.  

"Artinya kami ingin memperlihatkan kepada warga Makassar bahwa pilkada ini telah selesai. Apa yang terjadi belakangan ini jangan sampai berlarut-larut membuat kita lebih pecah terbelah," kata Appi.

1. Ingin menunjukkan iktikad baik

Ini Alasan Appi Tidak Tunda Beri Selamat ke Danny di Pilkada MakassarIDN Times/Aan Pranata

Pernyataan Appi itu cukup mengejutkan publik. Pasalnya kedua kandidat ini kerap disebut sebagai rival dalam konteks politik. Bertemunya kembali kedua figur ini dalam perhelatan pilkada membuat publik berasumsi bahwa Pilkada Makassar akan berlangsung sengit dan panas.

Namun asumsi itu akhirnya dipatahkan oleh Appi setelah dirinya memberi ucapan selamat kepada Danny Pomanto yang berpasangan dengan Fatmawati Rusdi. Pilkada Makassar yang diprediksi panas justru memberi kesan adem.

Appi mengatakan bahwa yang harus dilakukan sekarang adalah memperlihatkan sebuah iktikad yang baik bahwa pemilihan wali kota ini adalah wadah pencarian sosok yang diinginkan warga untuk memimpin Makassar 5 tahun ke depan.

"Setelah melihat apa yang terjadi di war room kami kemarin dan kami langsung menyampaikan ucapan selamat kepada Bapak Danny Pomanto beserta Ibu Fatmawati Rusdi bahwa di dalam hitungan ini merekalah yang menjadi pilihan warga Kota Makassar untuk menjadi wali kota 5 tahun yang akan datang," katanya.

Baca Juga: Danny Ingin Rangkul Semua Paslon di Pilkada Makassar, Termasuk Appi

2. Tidak ingin ada perkotak-kotakan setelah pilkada

Ini Alasan Appi Tidak Tunda Beri Selamat ke Danny di Pilkada MakassarPaslon nomor urut 2 Pilkada Makassar Munafri Arifuddin saat debat publik ketiga, Jumat (4/12/2020). YouTube iNews TV

Sikap Appi ini pun patut diapresiasi sebab tak banyak orang yang mau menerima kekalahannya. Sikapnya itu dipandang sebagai sebuah sikap seorang kesatria. Apalagi hal ini juga membantu mendinginkan suasana politik di perhelatan Pilkada Makassar.

Di balik sikapnya itu, Appi mengaku hanya ingin Makassar tetap kondusif selama proses pilkada ini. Jika suasananya memanas, kata dia, maka harus didinginkan bersama-sama. Hal ini, bagi Appi, agar tidak ada lagi namanya pengkotak-kotakan setelah pilkada.

"Tidak ada lagi pendukung paslon 1,2,3, 4 tetapi bagaimana kita merangkul kembali untuk membantu wali kota terpilih nanti untuk menjalankan segala kegiatan. Bagaimana kita punya cita-cita untuk membangun Makasssar yang jauh lebih baik ke depan," kata Appi.

Baca Juga: Pilkada Makassar 2020, Appi-Rahman Ucapkan Selamat untuk Danny-Fatma

3. Danny ingin rangkul Appi dan dua kandidat lainnya

Ini Alasan Appi Tidak Tunda Beri Selamat ke Danny di Pilkada MakassarCalon Wali Kota Makassar nomor urut 1, Moh Ramdhan Pomanto didampingi istri dan anaknya usai mencoblos di TPS 001 Jalan Amirullah Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Menanggapi pengakuan Appi, Danny mengatakan bahwa begitulah cara orang Makassar menyelesaikan persoalan. Dia menyebut semua kandidat sebagai kesatria, termasuk Appi yang selama ini menjadi lawan terberatnya. 

"Di sinilah kita lihat bahwa Pak Appi adalah kesatria sejati karena persoalan pertarungan itu kan cuma persoalan proses. Kita dipersatukan dengan 4 kandidat ini begitu mencintai Makassar," kata Danny.

Maka dengan itu, Danny menjelaskan bahwa pernyataan selamat dari Appi itu adalah wujud cinta Appi kepada Kota Makassar. Untuk itu dia juga berterima kasih kepada Appi. 

"Saya kira rasa hormat dari kami dan seluruh keluarga baik pribadi maupun seluruh relawan adalah ini sebuah sejarah yang luar biasa, yang kita buat bersama bahkan bagi kami adalah ini sebuah pintu masuk yang sangat baik untuk bagi kami untuk sama-sama membangun Makassar," kata Danny.

Walaupun Danny yang terpilih nantinya, namun dia merasa sebenarnya sama saja dengan ada 4 calon yang terpilih. Karena nantinya dia juga ingin meminta nasihat dari 3 kandidat lain termasuk Appi, Syamsu Rizal, dan Irman Yasin Limpo agar mereka memberi masukan.

"Karena kami punya visi misi masih perlu perkuatan-perkuatan dari berbagai angle," kata Danny.

Baca Juga: Pidato Resmi Danny-Fatma setelah Unggul Quick Count Pilkada Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya