Danny Ingin Rangkul Semua Paslon di Pilkada Makassar, Termasuk Appi

Hasil quick count Pilkada Makassar menangkan Danny-Fatma

Makassar, IDN Times - Pasangan calon (paslon) Wali Kota Makassar nomor urut 1, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto-Fatmawati Rusdi unggul dari tiga paslon lainnya di Pilkada Makassar 2020 berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count sejumlah lembaga survei.

Menurut LSI Denny JA, pasangan Danny-Fatma unggul dengan persentase perolehan suara sebanyak 41,38 persen. Menurut JSI, pasangan ini unggul dengan perolehan suara 40,66 persen dan CRC dengan 41,21 persen.

"Saya kira baru quick count. Secara hukum harus real count dan harus ditetapkan dari KPU. Jadi saya kira kita menunggu hasilnya. Inikan baru tanda kemenangan," kata Danny kepada awak media di kediaman pribadinya, Rabu (9/12/2020).

1. Danny menyiapkan pengawasan real count

Danny Ingin Rangkul Semua Paslon di Pilkada Makassar, Termasuk AppiSuasana di kediaman Calon Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto usai penghitungan surat suara, Rabu (9/12/2020). IDN Times/Asrhawi Muin

Menurut Danny, hasil quick count pada umumnya hampir sama dengan hasil akhir. Hanya beda di persentase saja. 

"Saya kira dalam sejarah politik, quick count bisa mewakili keadaan yang sebenarnya. Tetapi keabsahan hukumnya itu harus dari real count dan penetapan KPU," katanya.

Untuk mengawal real count sendiri, Danny mengaku pihaknya telah membuat tim-tim yang kuat di lapangan. Sebanyak 10 saksi ditempatkan di luar dan 1 saksi di dalam. 

"Itu akan bekerja sampai penetapan KPU," katanya.

2. Danny menghargai ucapan terima kasih Appi

Danny Ingin Rangkul Semua Paslon di Pilkada Makassar, Termasuk AppiCalon Wali Kota Makassar nomor urut 1, Moh Ramdhan Pomanto didampingi istri dan anaknya usai mencoblos di TPS 001 Jalan Amirullah Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Danny juga sangat menghargai ucapan selamat dari Calon Wali Kota Makassar nomor urut 2, Munafri Arifuddin. Munafri yang akrab disapa Appi ini seringkali disebut sebagai pesaing terberat Danny. Sebab pilkada kali ini bukan pertama kali mereka bertemu. Sebelumnya mereka juga pernah bertemu head to head di Pilkada Makassar 2018 walau akhirnya jalan Danny harus kandas.

"Saya kira sebuah sejarah politik Makassar yang luar biasa dan saya kira saya terima kasih sekali kepada Appi-Rahman yang memberikan selamat kepada kami," kata Danny.

3. Danny juga sampaikan terima kasih ke Ical dan IMUN

Danny Ingin Rangkul Semua Paslon di Pilkada Makassar, Termasuk AppiCalon Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto didampingi istri saat menuju TPS di Jalan Amirullah Makassar, Rabu (9/12/2020). IDN Times/Asrhawi Muin

Selain kepada Appi-Rahman, Danny juga menyampaikan terima kasih kepada dua paslon lainnya yaitu Syamsu Rizal-Fadli Ananda dan Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin karena telah menyemarakkan pilkada ini. 

Hal tersebut bukan hanya karena mereka telah bertarung gagasan tapi juga karena nantinya jika Danny resmi menjadi wali kota, maka dia pasti akan meminta bantuan, nasihat atau bahkan ide untuk membangun Makassar. 

"Saya sudah punya pernyataan tadi di TV nasional bahwa banyak ide-ide menarik dari Imun, ide ide menarik dari Dilan, dan ide ide menarik dari Appi Rahman," katanya.

Baca Juga: LSI Denny JA: Danny-Fatma Menang 41,38 Persen di Pilkada Makassar

4. Danny pastikan tidak ada lagi kekisruhan

Danny Ingin Rangkul Semua Paslon di Pilkada Makassar, Termasuk AppiCalon Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto didampingi istri saat di TPS di Jalan Amirullah Makassar, Rabu (9/12/2020). IDN Times/Asrhawi Muin

Menurut Danny, setelah hari pencoblosan ini tak ada lagi kekisruhan yang terjadi antara dirinya dengan paslon lainnya. Dia menyebut bahwa kekisruhan merupakan hal biasa dalam persaingan politik. 

"Itu hal biasa. Saya kira itu Appi sudah sampaikan selamat. Saya yakin Dilan juga sama karena Dilan adalah orang yang dekat dengan kami," kata Danny.

Begitu juga dengan None. Danny yakin tak ada kekisruhan antara pihaknya dengan pihak None.

"Dengan ilmu yang dimiliki oleh Pak None, dengan pengalaman-pengalaman kami juga butuhkan supporting beliau. Dan saya kira ke depan saya tidak yakin kalau ada kekisruhan lain," kata Danny.

Baca Juga: Pidato Resmi Danny-Fatma setelah Unggul Quick Count Pilkada Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya