Gubernur Sulsel Tinjau Lokasi Longsor di Kabupaten Maros

Serahkan santunan untuk korban

Makassar, IDN Times - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, meninjau lokasi bencana tanah longsor di Dusun Moncong Jai, Desa Rompegading, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, Kamis (29/12/2022). 

Didampingi Bupati Maros, Chaidir Syam, Sudirman menyerahkan santunan untuk korban sebesar Rp60 juta. 

"Kami memberikan santunan untuk korban termasuk melakukan upaya bersama Tim Balai Kementerian PUPR sebagai leading dalam kewenangan jalan nasional, Pemda Maros, TNI-Polri serta seluruh stakeholders," ucap Sudirman.

1. Sudirman berharap korban hilang segera ditemukan

Gubernur Sulsel Tinjau Lokasi Longsor di Kabupaten MarosLokasi tanah longsor di Kecamatan Cenrana Maros, Sulawesi Selatan, Selasa (27/12/2022)/BPBD Maros

Dalam kesempatan itu, Sudirman menyampaikan turut berbelasungkawa atas musibah longsor yang menelan korban jiwa ini. Bencana ini mengakibatkan enam orang tertimbun, namun baru satu orang yang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Lima orang lainnya belum ditemukan sejak dinyatakan hilang. Saat ini, tim gabungan masih mencari lima korban tersebut.

"Mari kita mendoakan semoga korban yang masih dalam pencarian bisa segera ditemukan," katanya.

2. Sudirman janjikan relokasi rumah bagi korban

Gubernur Sulsel Tinjau Lokasi Longsor di Kabupaten MarosGubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. IDN Times/Asrhawi Muin

Bencana tanah longsor di Maros ini tak hanya mengakibatkan korban hilang dan meninggal dunia. Bencana ini juga mengakibatkan 10 orang mengalami luka-luka.

Di samping itu, longsor juga berdampak pada pemukiman warga. Sejauh ini, tercatat ada 4 rumah warga yang rusak akibat diterjang longsor. Sudirman pun menjanjikan relokasi bagi warga yang rumahnya rusak.

"Upaya relokasi rumah para korban longsor sedang dalam perencanaan dan berharap warga terdampak bisa bekerja sama," katanya.

Baca Juga: Satu Korban Tertimbon Longsor di Cenrana Maros Ditemukan Meninggal

3. Longsor terjadi seiring tingginya intensitas hujan

Gubernur Sulsel Tinjau Lokasi Longsor di Kabupaten MarosIlustrasi Longsor (IDN Times/Mardya Shakti)

Bencana tanah longsor di Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros ini dilaporkan terjadi pada Selasa (27/12/2022), sekitar pukul 16.20 Wita. Longsor terjadi menyusul tingginya intensitas hujan saat itu.

Longsor pun mengakibatkan akses jalan poros Maros-Bone di Desa Rompegading, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, sempat tertutup. Alat berat pun harus dikerahkan untuk mengeruk material longsoran yang menutup akses jalan. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maros, Fadly, mengatakan sejumlah rumah di lokasi bencana tertimpa tanah longsor. "Ada 4 rumah yang tertimpa," kata Fadli kepada IDN Times, Selasa malam.

Baca Juga: Makassar Kirim Satu Regu Bantu Cari Korban Longsor di Maros

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya