Makassar Kirim Satu Regu Bantu Cari Korban Longsor di Maros

Lima korban masih hilang, satu ditemukan tewas

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar mengirimkan satu regu personil beranggotakan enam orang untuk membantu pencarian korban hilang tertimbun tanah longsor di Kabupaten Maros. Satu regu dari Dinas Pemadam Kebakaran ini diberangkatkan sejak semalam Rabu (28/12/2022).

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto menginstruksikan tim Damkar yang turun untuk segera mencari korban yang hilang. Dia juga meminta tim untuk selalu waspada dan menjaga diri dalam masa tugas pencarian yakni selama tiga hari. 

“Kami turut berduka atas bencana yang dirasakan warga Cendrana, Kabupaten Maros. Kami mengirim bantuan tenaga untuk sama-sama mencari korban. Ini bentuk kepedulian kita,” kata Danny.
 

Baca Juga: Satu Korban Tertimbon Longsor di Cenrana Maros Ditemukan Meninggal

1. Lima korban masih dicari

Makassar Kirim Satu Regu Bantu Cari Korban Longsor di MarosLokasi tanah longsor di Kecamatan Cenrana Maros, Sulawesi Selatan, Selasa (27/12/2022)/BPBD Maros

Peristiwa tanah longsor terjadi di Dusun Moncong Jai, Desa Rompegading, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Selasa (27/12/2022). Longsor mengakibatkan enam orang tertimbun namun baru satu yang ditemukan dan lima lainnya masih hilang. 

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Hasanuddin mengatakan bahwa pengiriman timnya ini merupakan itikad baik dalam rangka pertolongan korban. 

“Jadi ini tim back up an yang kami kirim. Selain 6 korban hilang, material dan kendaraan juga banyak yang ikut hanyut. Kita mengirim tim biar cepat ketemu. Takutnya korban bertambah,” ujar dia.

2. Damkar kirim tim terbaik

Makassar Kirim Satu Regu Bantu Cari Korban Longsor di MarosLokasi tanah longsor di Kecamatan Cenrana Maros, Sulawesi Selatan, Selasa (27/12/2022)/Istimewa

Hasanuddin menegaskan bahwa tim yang dikirimkan merupakan tim terbaik yang telah melalui pendidikan khusus diklat sar and rescue. Mereka juga dilengkapi perlengkapan yang dibutuhkan saat di lapangan.

“Kami kirim enam orang. Tapi biasanya pasti yang lepas piket ini selalu menyusul. Begitu pasti. Karena panggilan kemanusiaan. Jiwanya terpanggil untuk menolong,” katanya.

3. Akses menuju lokasi sempat tertutup longsor

Makassar Kirim Satu Regu Bantu Cari Korban Longsor di MarosLokasi tanah longsor di Kecamatan Cenrana Maros, Sulawesi Selatan, Selasa (27/12/2022)/Istimewa

Hasanuddin mengatakan tim diberangkatkan sejak kemarin. Namun sempat lambat tiba di tujuan dikarenakan akses menuju lokasi masih tertutup material longsor.

Hasanuddin mengatakan semangat timnya ini bukan hanya panggilan jiwa namun juga karena adanya dukungan penuh dari Pemerintah Kota Makassar. 

“Kita berharap situasi segera kondusif dan tim selalu dalam lindungan-Nya,” katanya. 

Baca Juga: Longsor Tutup Akses Maros-Bone, 6 Korban Tertimbun Belum Ditemukan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya