Gubernur Sulsel Minta Jangan Ada Euforia Malam Tahun Baru 

Sudirman minta masyarakat lebih empati

Makassar, IDN Times - Malam pergantian tahun dari tahun 2022 ke tahun 2023 tinggal menghitung hari. Umumnya, masyarakat akan menyambut antusias dengan menyalakan kembang api dan petasan.

Namun Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, meminta masyarakat tidak terlalu euforia dalam merayakan malam Tahun Baru 2023. Hal ini menyusul adanya bencana alam dan musibah yang menyebabkan kedukaan akhir-akhir ini.

"Untuk malam pergantian tahun baru itu, jangan bereuforia, tidak usah membuat hal-hal, kalau mau bisa bakti sosial," kata Sudirman, saat mengunjungi lokasi kebakaran di Pasar Sentral Makassar, Jumat (30/12/2022). 

1. Sejumlah daerah sedang ditimpa bencana

Gubernur Sulsel Minta Jangan Ada Euforia Malam Tahun Baru Lokasi tanah longsor di Kecamatan Cenrana Maros, Sulawesi Selatan, Selasa (27/12/2022)/BPBD Maros

Bencana dan musibah yang dimaksud Sudirman yaitu tanah longsor di Kabupaten Maros yang mengakibatkan 6 orang tertimbun, di mana 4 orang belum ditemukan. Peristiwa ini juga mengakibatkan seorang anak balita kehilangan kedua orang tua dan saudara lantaran masih belum ditemukan.

Kemudian, ada pula KM Kasman Indah 06 yang karam di Perairan Selayar. Kapal ini mengangkut 11 awak dan seratusan ternak. Hingga saat ini, sebanyak 5 orang telah ditemukan selamat dan 6 orang lainnya masih dicari.

"Saya cuma berharap begini, ini kita sedang kedukaan. Saya minta empati daripada semua," kata Sudirman.

2. Masyarakat diminta rayakan Tahun Baru lebih sederhana

Gubernur Sulsel Minta Jangan Ada Euforia Malam Tahun Baru ANTARA FOTO/Arnas Padda

Karena itu, Sudirman meminta masyarakat untuk merayakan Tahun Baru dengan cara sederhana. Bahkan jika ingin merayakan Tahun Baru, Sudirman mengimbau masyarakat merayakan melalui kegiatan sosial.

"Harapan kita selaku pemerintah bagaimana kerjasama dari masyarakat dan warga mau melaksankan kegiatan-kegiatan. Kami harap empati yang kuat untuk bisa membantu dalam bentuk sosial," katanya.

Baca Juga: BMKG: Hujan Deras pada Malam Tahun Baru di Makassar

3. Sudirman optimistis Sulsel lebih baik di 2023

Gubernur Sulsel Minta Jangan Ada Euforia Malam Tahun Baru ilustrasi ekonomi (IDN Times)

Andi Sudirman Sulaiman pun menyatakan optimis tahun 2023 Sulsel bisa semakin memperbaiki diri dan lebih baik dari tahun 2022. Perbaikan ini mulai dari pertumbuhan ekonomi, peningkatan lapangan pekerjaan hingga pemerataan pembangunan. 

"Termasuk target-target kita untuk penciptaan sistem perdagangan yang lebih kuat, ekspor dan sebagainya," kata Sudirman.

Baca Juga: Sudirman Minta Seluruh Kabupaten di Sulsel Kerja Sama Tekan Inflasi

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya