Ditanya soal Pilpres, Ganjar Pranowo: Pilpres Opo? Kita Urus Tanaman

Ganjar Pranowo enggan bahas soal pilpres

Makassar, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo hadir di Lorong Wisata Sydney di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (9/10/2022). Dia diajak Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto melihat lorong tersebut.

Kedatangan Ganjar di lorong wisata Makassar disambut antusias oleh warga setempat. Bahkan tak sedikit warga yang meneriakkan nama Ganjar sebagai bentuk dukungan untuk maju di Pilpres 2024 mendatang. Ditanya mengenai hal itu, Ganjar tak ingin berkomentar banyak.

"Pilpres Opo? Kita urus tanaman. Kita urus olahraga. Kita urus persahabatan antara Jawa Tengah-Sulawesi Selatan dengan Makassar," kata Ganjar kepada wartawan.

Sebagai informasi, Ganjar Pranowo termasuk salah satu figur yang digadang-gadang bakal maju di Pilpres. Sejumlah parpol bahkan terang-terangan menyatakan dukungannya seperti PSI dan empat DPW PPP.

1. Ganjar ingin lihat lorong wisata

Ditanya soal Pilpres, Ganjar Pranowo: Pilpres Opo? Kita Urus TanamanWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi salah satu lorong wisata di Makassar, Minggu (9/10/2022). Dok. Humas Pemkot Makassar

Ganjar pun menjelaskan alasan kedatangannya ke lorong wisata Makassar. Dia mengaku kunjungannya itu untuk memenuhi janjinya kepada Danny lantaran dirinya tak hadir saat F8 lalu. 

"Beliau (Danny) janji juga mau tunjukkan beberapa kegiatan ke masyarakat yang ada di lorong wisata yang menurut saya optimalisasi lahan ditingkatkan dengan ketahanan pangan yang sangat bagus sekali," kata Ganjar.

Setelah melihat kegiatan pemberdayaan di lorong wisata, Ganjar cukup antusias dengan program tersebut.

"Saya melihat kegiatan KWT (Kelompok Wanita Tani), menanam, mengoptimalkan lahan sampai kemudian pedagang ya. Dan ini pemberdayaan yang sangat bagus untuk dicontoh," katanya.

2. Ganjar promosikan Borobudur Marathon

Ditanya soal Pilpres, Ganjar Pranowo: Pilpres Opo? Kita Urus TanamanFlag off Bank Jateng Friendship Run di Benteng Rotterdam Makassar, Minggu (9/10/2022). Dok. Bank Jateng

Di hari yang sama, Ganjar juga menghadiri kegiatan Bank Jateng Friendship Run di Benteng Rotterdam. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Borobudur Marathon yang digelar November 2022 mendatang.

Kegiatan ini dihadiri sekitar 900 peserta. Ganjar merasa senang dengan antusias peserta mengikuti kegiatan tersebut. Dia menyebut jumlah peserta di Makassar ini merupakan yang terbanyak dibandingkan tiga kota sebelumnya yaitu Semarang, Jakarta dan Medan.

"Yang kedua tentu saya senang karena masyarakat Makassar menyambut baik. Peserta Borobudur Marathon dan ternyata ini peserta terbaik. Saya melihat ada perbedaan warga. Semoga ini bisa berkomunikasi," kata Ganjar.

Baca Juga: Danny Pomanto Perkenalkan Lorong Wisata ke Ganjar Pranowo 

3. Danny ingin lorong wisata dikenal secara nasional

Ditanya soal Pilpres, Ganjar Pranowo: Pilpres Opo? Kita Urus TanamanWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengajak Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkunjung ke salah satu lorong wisata di Makassar, Minggu (9/10/2022). Dok. Humas Pemkot Makassar

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengenalkan program lorong wisata kepada Ganjar. Lorong wisata ini merupakan salah satu program unggulan Pemkot Makassar yang menyasar 1.095 lorong tahun ini. 

Danny ingin program andalannya itu lebih dikenal ke tingkat nasional. Dia juga ingin lorong wisata jadi percontohan nasional.

"Saya kira ini bisa menjadi contoh Indonesia dan ini adalah gerakan nasional. Di Bali kemarin waktu pertemuan itu sudah disampaikan tanam cabai, tanam bawang, dan itu kita sudah lakukan sejak 2015 lalu. Kita mau sampaikan ke nasional lewat Pak Ganjar bahwa Makassar sudah melakukan itu," katanya.

Baca Juga: Bank Jateng Friendship Run di Makassar, Ganjar : Ini Yang Paling Ramai

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya