Dibuka Sandiaga Uno, Opening Ceremony F8 Berlangsung Meriah

Dimeriahkan ratusan penari kolosal hingga band Cokelat

Makassar, IDN Times - Pembukaan Makassar International Festival and Forum atau F8 di anjungan Pantai Losari pada Rabu (23/8/2023) malam berlangsung meriah. Event tahunan itu dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Opening Ceremony F8 diisi beragam acara, mulai dari pertunjukan tari kolosal dari siswa siswi SMP se-Kota Makassar, unjuk vokal anak-anak, hingga penampilan band legendaris Cokelat.

Ini merupakan kedua kalinya Sandi membuka langsung event tersebut. Dalam kesempatan ini, dia mengapresiasi event F8. Dia bahkan menyebut F8 sebagai event terbaik dunia yang digelar di tepi laut.

"Ini the best waterfront festival in the world (festival tepi laut terbaik di dunia)," kata Sandi.

Baca Juga: Siap-siap, Polri Mulai Sosialisasi Tilang ETLE Mobile di Makassar

1. Sandi minta kota lain belajar dari Makassar

Dibuka Sandiaga Uno, Opening Ceremony F8 Berlangsung MeriahMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat opening ceremony F8 di anjungan Pantai Losari Makassar, Rabu (23/8/2023). Dok. Humas Pemkot Makassar

Sandi juga menyebut F8 sebagai atraksi kelas dunia yang memiliki daya tarik wisata. Hal inilah yang menjadikan F8 dipilih masuk dalam Top 10 Karisma Event Nusantara (KEN).

Sandi pun berharap kota-kota di Indonesia menjadikan Makassar sebagai inspirasi untuk mendorong ekonomi masyarakat.

"Jika setiap kota memiliki festival seperti ini, the best waterfront in the world, maka bisa mendorong terciptanya ruang usaha, lapangan kerja dan target wisman bisa kita capai. Tentunya akan membangkitkan ekonomi kita," katanya.

2. Dihadiri desainer dan tamu luar negeri

Dibuka Sandiaga Uno, Opening Ceremony F8 Berlangsung MeriahOpening ceremony F8 di anjungan Pantai Losari Makassar, Rabu (23/8/2023). Dok. Humas Pemkot Makassar

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto selaku penggagas F8 ini mengatakan F8 merupakan ruang silaturahmi budaya se-Indonesia bahkan dunia. Pasalnya, F8 dihadiri desainer dari lima negara yaitu Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina dan Laos. 

Selain itu, dihadiri pula tamu perwakilan beberapa negara seperti Konjen Australia Todd Dias, Konjen Jepang Ohashi Koichi, Konjen Jerman Oswald Sirapandji, Head of Delegates Ipoh City Malaysia Arif Bin Mohd Zainuddin, Konsulat Kehormatan Malaysia Bahar Ngitung, serta Delegates Ambassador Of France Gwenaelle Amoussa.

"F8 menjadi ruang kolaborasi yang menyajikan ide lokal yang sudah mengglobal," kata Danny.

3. Dimeriahkan ratusan penari kolosal

Dibuka Sandiaga Uno, Opening Ceremony F8 Berlangsung MeriahOpening ceremony F8 di anjungan Pantai Losari Makassar, Rabu (23/8/2023). Dok. Humas Pemkot Makassar

Sebanyak 250 siswa-siswi SMP se-Kota Makassar mempersembahakan tari kolosal Pa'rimpungang Ri Mangkasara. Ratusan pelajar tersebut merupakan binaan dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar. 

Kepala Disdik Kota Makassar Muhyiddin, menjelaskan tarian ini merupakan tari kreasi yang menggambarkan keanekaragaman budaya daerah Sulawesi Selatan (Sulsel) yang ada di Kota Makassar. 

"Penarinya semua anak-anak dari sekolah SMP se- Makassar. Tarian ini merupakan seni tari baru dari lagu Pa'rimpungang RI Mangkasara yang kita aransemen sehingga sedikit lebih modern," kata Muhyiddin.

Baca Juga: Dispar Makassar Prediksi Okupansi Hotel Naik 25 Persen Selama F8

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya