Dewan Pengupahan Makassar Sepakati UMK 2024 Naik Jadi Rp3,6 Juta

Naik sebesar 3,41 persen

Makassar, IDN Times - Dewan Pengupahan Kota Makassar bersepakat mengusulkan upah minimum kota (UMK) 2024 sebesar Rp3,6 juta atau naik 3,41 persen dari sebelumnya yaitu Rp3,5 juta. UMK Makassar ini lebih tinggi dari upah minimum provinsi (UMP) Sulawesi Selatan yaitu Rp3,4 juta.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Makassar, Nielma Palamba seusai rapat Dewan Pengupahan di Aula Kantor Disnaker, Jumat (24/11/2023). Nielma mengatakan nilai itu menjadi rekomendasi dari Dewan Pengupahan.

"Penyesuaian nilai UMK itu kalau kita rupiakan terjadi kenaikan Rp120,140 dari nilai sebelumnya Rp3.523.181 menjadi Rp3.643.321 jadi kenaikannya sekitar 3,41 persen," kata Nielma.

1. Formula penyesuaian UMK berdasarkan PP 51/2023

Dewan Pengupahan Makassar Sepakati UMK 2024 Naik Jadi Rp3,6 Jutailustrasi upah pekerja (IDN Times/Aditya Pratama)

Dewan Pengupahan terdiri dari unsur pengusaha yang diwakili oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), pekerja yaang diwakili oleh serikat pekerja, dan pemerintah yang diwakili oleh Disnaker. Dewan Pengupahan membahas soal UMK sebagaimana PP Nomor 51 Tahun 2023. 

Dewan Pengupahan mengacu pada formula yang sudah ditetapkan oleh PP 51 tersebut. Formula ini, kata Nielma, sudah dikaji sedemikian rupa untuk menghindari adanya kesenjangan pengupahan antara provinsi maupun kota.

Formula untuk penyesuaian UMK yang mengacu pada pertumbuhan ekonomi Kota Makassar. Selain itu juga inflasi Sulsel dan pengeluaran rata-rata per kapita, rata-rata banyaknya rumah tangga yang bekerja dan rata-rata anggota rumah tangga.

"Kemudian upah minimum setahun sebelumnya," kata Nielma.

2. Rekomendasi penerapan struktur dan skala upah

Dewan Pengupahan Makassar Sepakati UMK 2024 Naik Jadi Rp3,6 JutaIlustrasi upah, gaji (IDN Times/Arief Rahmat)

Nielma mengatakan ada beberapa rekomendasi yang diberikan oleh pekerja terkait struktur dan skala upah. Upah pekerja yang berada di atas satu tahun mengacu pada struktur dan skala upah.

Artinya, upah minimum ini harusnya berlaku untuk pekerja di bawah satu tahun. Sementara pekerja yang bekerja di atas satu tahun struktur dan skala upah.

"Inilah yang haris dikawal oleh Dewan Pengupahan baik itu pemeirntah, pengusaha maupun teman-teman pekerja, agar tidak terjadi kesenjangan antara upah pekerja satu tahun dengan yang sudah senior," kata Nielma.

Baca Juga: Keluhkan UMP Sulsel 2024, Perwakilan Buruh: Sangat Menyedihkan

3. Bakal disahkan oleh gubernur

Dewan Pengupahan Makassar Sepakati UMK 2024 Naik Jadi Rp3,6 Jutailustrasi UMP. (IDN Times/Aditya Pratama)

Adapun nilai yang disepakati ini akan diserahkan kepada Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto. Kemudian, nilainya akan ditetapkan menjadi UMK Kota Makassar 2024 oleh Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin.

"Dalam waktu yang tidak lama, karena kita kasih waktu sampai 30 November untuk menetapkan UMK karena rekomendasi ini akan dikirim Pak Wali Kota ke Gubernur untuk di-SK-kan," kata Nielma.

Baca Juga: Alhamdulillah! Pemkot Pastikan UMK Makassar 2024 Naik

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya