BMKG: Sebagian Wilayah Sulsel Diguyur Hujan Pekan Ini

Warga Makassar harap sabar, belum ada tanda-tanda hujan

Makassar, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa hujan akan mengguyur sebagian wilayah Sulawesi Selatan pekan ini.  Hujan diprediksi akan mengguyur pada Rabu, 18 Oktober 2023.

Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar, Amhar Sulfiana, menjelaskan pantauan update model pada hari ini, Senin (16/10/2023) menunjukkan bahwa pada dua hari ke depan, terjadi hujan di sebagian wilayah. Di antaranya kawasan Utara Sulsel.

"Itu adalah hujan di beberapa wilayah Sulawesi Selatan, seperti di wilayah Pinrang, Enrekang, Luwu, Wajo, Luwu Utara, Luwu Timur, Tana Toraja dan Toraja Utara," kata Amhar saat diwawancarai IDN Times, Senin (16/10/2023).

Baca Juga: Remaja Perkosa Siswi SMP di Makassar, Korban Diancam Panah

1. Belum ada tanda-tanda hujan turun di Makassar

BMKG: Sebagian Wilayah Sulsel Diguyur Hujan Pekan IniKondisi Jalan Tol Layang A.P Pettarani di Makassar. Humas Pemprov Sulsel

Sementara di wilayah bagian barat utamanya di Makassar, Maros, Takalar, Jeneponto, dan wilayah selatan seperti Bulukumba, Bantaeng, BMKG memprediksi belum ada tanda-tanda bakal turun hujan pada 18 Oktober 2023.

Amhar menjelaskan model yang diamati untuk wilayah Makassar, sekalipun ada potensi hujan pada 18 Oktober, namun potensi hujannya sangat kecil. "Setelah kami update model hari ini, itu tambah kecil kemungkinannya," katanya.

2. Belum tentu jadi penanda musim hujan

BMKG: Sebagian Wilayah Sulsel Diguyur Hujan Pekan IniIlustrasi - Ruang pengamatan cuaca BMKG (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Meskipun ada potensi hujan pada 18 Oktober, namun hal itu belum tentu menjadi pertanda masuknya musim hujan. Amhar menjelaskan masuknya musim hujan harus diamati selama 10 hari.

Jika total curah hujan mencapai 50 mm dalam 10 hari dan diikuti 2 dasarian lainnya 50 mm per 10 hari, maka itu bisa dikatakan awal musim hujan. "Sementara kalau misalnya hujannya total selama 10 hari itu masih di bawah 50 mm, itu kami katakan belum masuk musim hujan," kata Amhar.

3. Efek El Nino diprediksi sampai Januari 2024

BMKG: Sebagian Wilayah Sulsel Diguyur Hujan Pekan IniIlustrasi penyaluran air bersih.ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Untuk wilayah Sulsel, Amhar menjelaskan musim hujan umumnya dimulai dari November - Desember 2023 untuk wilayah Luwu. Sementara wilayah lainnya mungkin November hingga Januari 2024.

Berdasarkan data BMKG pada 10 Oktober 2023, El Nino masih terjadi dengan intensitas moderate atau sedang. Dengan demikian, BMKG memprediksi El Nino masih akan terus bertahan hingga periode Desember 2023 - Januari 2024.

"Kita lihat masih diprediksi akan terjadi hingga 2024, namun intensitasnya semakin menurun. Jadi misalnya sekarang kan masih moderate, kemungkinan mulai Desember Januari itu akan menurun dari moderate ke lemah," kata Amhar.

Baca Juga: Waduh! Kepsek SMA Negeri di Makassar Pasang Logo Parpol di Sekolah

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya