10 Persen Masjid di Makassar Setor Donasi untuk Palestina 

Ada sekitar 1.500 masjid dan musola di Makassar

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar menggalang donasi untuk warga Gaza di Palestina. Penggalangan dana itu mulai dibuka sejak 8 hingga 22 November 2023 atau berlangsung selama dua pekan.

Penggalangan dana itu melibatkan seluruh pegawai lingkup Pemerintah Kota Makassar. Ini juga melibatkan masjid-masjid dengan cara mendonasikan celengan masjid pada hari Jumat. Hingga sepekan pelaksanaannya, baru 10 persen masjid yang menyetorkan donasinya.

"Baru sekitar 10 persen dari total potensi masjid yang ada di Kota Makassar. Belum signifikan karena mungkin pemberitahuannya belum mereka pahami," kata Kepala Bagian Kesra Kota Makassar, Syarif, Selasa(14/11/2023).

1. Ada sekitar 1.500 masjid dan musola di Makassar

10 Persen Masjid di Makassar Setor Donasi untuk Palestina Masjid Amirul Mukminin di Kota Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Syarif menyebutkan ada sekitar 1.500 masjid dan musola di Kota Makassar. Penggalangan dana di masjid dan musola, kata dia, juga sudah berjalan sejak awal disampaikan melalui surat edaran.

"Mereka sudah tersosialisasi. Sebetulnya yang kami dengar mereka sudah kumpulkan kondisinya sekarang. Sudah terkumpul, sisa mereka mau serahkan," kata Syarif.

2. Menggalang dana dari para pegawai

10 Persen Masjid di Makassar Setor Donasi untuk Palestina Ilustrasi uang (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Selain masjid dan musola, Pemkot juga menggalang dana pegawai dari OPD dan Perumda. Syarif mengatakan sudah banyak ASN yang berdonasi sejak awal surat edaran itu diterbitkan. Donasi itu diserahkan kepada Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra).

"Dari masjid masuk ke Kesra semua, Kita arahkan masuk ke Kesra semua karena kami tidak punya nomor rekening khusus untuk menerima bantuan itu, tapi mereka secara tunai menyerahkan ke kami sehingga kami juga berikan tanda terima secara nyata," kata Syarif.

Baca Juga: Pemkot Makassar Belum Jumlahkan Donasi Untuk Palestina

3. Donasi akan disalurkan pada lembaga berkompeten

10 Persen Masjid di Makassar Setor Donasi untuk Palestina Aksi protes penduduk Gaza di wilayah pesisir Jalur Gaza (Twitter/Warda_GazaPal)

Pemkot Makassar juga pernah menggalang donasi untuk Palestina pada 2021 lalu. Saat itu, Pemkot mengumpulkan donasi sebesar Rp1 miliar. Tahun ini, donasi diharapkan terkumpul kurang lebih sama atau lebih.

Namun Syarif belum memaparkan terkait berapa jumlah donasi yang terkumpul saat ini. Yang pasti, jika donasi sudah terkumpul sampai batas waktu yang ditentukan, maka akan langsung disalurkan ke lembaga yang terpercaya dan kompeten.

"Langsung kita serahkan dalam bentuk uang tunai. Mungkin melalui lembaga yang kompeten. Kemarin kan sudah ada Baznas, apakah ke Baznas ataukah mungkin langsung ke duta besar Palestina," kata Syarif.

Baca Juga: DPRD Makassar Usulkan Hibah Rp10 Miliar untuk Rakyat Palestina

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya