DPRD Makassar Usulkan Hibah Rp10 Miliar untuk Rakyat Palestina

Diajukan lewat Banggar, disetujui mayoritas fraksi

Makassar, IDN Times - Badan Anggaran DPRD Kota Makassar mengusulkan kepada Pemerintah Kota untuk memberikan bantuan senilai Rp10 miliar kepada rakyat Palestina. Usulan itu disampaikan pada rapat Badan Anggaran, Senin malam (13/11/2023).

Koordinator Banggar DPRD Makassar Adi Rasyid Ali mengatakan, usulan bantuan sebagai bentuk keprihatinan warga Makassar atas penderitaan rakyat Palestina. Banggar mendorong Pemkot Makassar menyiapkan anggaran di APBD tahun depan.

"Kami di DPRD mengusulkan Rp 10 miliar untuk rakyat Palestina untuk anggaran Pokok 2024 dan saya tanya TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) itu bisa saja," kata Adi Rasyid Ali, Selasa (14/11/2023).

Baca Juga: Pemkot Makassar Galang Dana untuk Rakyat Palestina

1. Bantuan bisa disalurkan melalui Baznas

DPRD Makassar Usulkan Hibah Rp10 Miliar untuk Rakyat PalestinaKoordinator Banggar DPRD Makassar Adi Rasyid Ali. (Dok. Istimewa)

Adi yang juga Wakil Ketua DPRD Makassar mengatakan telah berkonsultasi dengan TAPD Pemkot Makassar. Menurut info yang didapatkan, bantuan bisa saja disalurkan dalam bentuk hibah.

Bentuk penyalurannya, kata Adi, melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Nanti kemudian Baznas yang menyalurkannya untuk rakyat Palestina. Dia menyebut bantuan ini serupa dengan hibah-hibah yang digelontorkan Pemkot untuk korban bencana sebelumnya.

"Selama ini kan ada bantuan di Palu dan beberapa tempat. Jadi inikan lintas negara jadi kita berikan melalui Baznas," ucapnya.

2. Mayoritas fraksi dukung usulan bantuan

DPRD Makassar Usulkan Hibah Rp10 Miliar untuk Rakyat PalestinaBanggar DPRD Makassar mengusulkan bantuan dana untuk rakyat Palestina. (Dok. Istimewa)

Pada rapat Banggar DPRD Makassar, Senin malam, mayoritas fraksi mendukung usulan bantuan untuk rakyat Palestina. Salah satunya Fraksi Demokrat.

Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Makassar Fatma Wahyudin menilai bahwa inisiatif tersebut adalah langkah konkret untuk menunjukkan kepedulian terhadap kondisi di Palestina.

“Kalau misalnya bisa diberikan bantuan terkait dana hibah kepada saudara kita di Palestina, kenapa tidak? Kenapa kita tidak mencarikan solusi, jalan, kalau itu bisa dilaksanakan dengan memberikan bantuan dana hibah,” ujarnya.

3. Pemkot Makassar galang dana untuk rakyat Palestina

DPRD Makassar Usulkan Hibah Rp10 Miliar untuk Rakyat PalestinaBalai Kota Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Sebelumnya, Pemerintah Kota Makassar membuka penggalangan dana yang akan ditujukan kepada rakyat Palestina. Penggalangan dana ini tertuang dalam surat imbauan Wali Kota Makassar Nomor:400/39/HIM/Kesra/XI/2023 yang diterbitkan hari ini, Rabu (8/11/2023).

Surat imbauan itu diteruskan kepada para pimpinan SKPD, camat, lurah, kepala sekolah, pimpinan perusda, pengurus masjid, tokoh masyarakat hingga ketua RT dan RW. Melalui surat itu, Pemkot mengajak masyarakat peduli kepada warga Palestina.

Surat itu juga menyebutkan bahwa sumbangan atau isi kotak amal masjid dapat disetorkan ke Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Makassar Iantai 3 Kantor Wali Kota Makassar atas nama Rosnini dengan nomor 08114107151. Pemkot menerima sumbangan tersebut mulai 8-22 November 2023 selama jam kantor yaitu pukul 08.00-15.30 WITA.

Baca Juga: ASN Pemkot Makassar Berikrar Netral di Pemilu 2024

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya