Pemkot Makassar Belum Jumlahkan Donasi Untuk Palestina

Pemerintah Kota Makassar menggalang donasi untuk Gaza

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar menggalang donasi untuk masyarakat Gaza di Palestina. Namun hingga hari ketiga, belum dilaporkan jumlah donasi yang masuk.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengatakan bahwa ada kelompok masyarakat lainnya yang juga turut menggalang donasi.

"Belum, tapi ada beberapa tanggapan termasuk adanya kelompok anak muda yang bikin donasi, dengan membuat jalan sehat untuk solidaritas Palestina," kata Danny di Balai Kota, Jumat (10/11/2023).

1. Bakal ada penggalangan dana dari kelompok anak muda

Pemkot Makassar Belum Jumlahkan Donasi Untuk PalestinaDanny Pomanto (IDN Times/Aan Pranata)

Rencananya, kelompok anak muda akan mengadakan aksi bela Palestina pada 26 November 2023 mendatang. Danny mengatakan bahwa kelompok anak muda itu telah melaporkan rencana giatnya.

"Kalau ASN ada sendiri penggalangan dananya. Ini semangatnya yang harus. Ini saya mau bikin video-video untuk memperkuat semangatnya," kata Danny.

2. Celengan masjid hari Jumat didonasikan untuk Gaza

Pemkot Makassar Belum Jumlahkan Donasi Untuk PalestinaIlustrasi. Seorang jamaah Musala menunjukkan kotak amal. IDN Times/Zainul Arifin

Selain penggalangan dana di lingkup Pemerintah Kota Makassar, Danny juga mengimbau supaya celengan masjid setiap hari Jumat didonasikan untuk warga Gaza.

Namun donasi celengan masjid ini hanya berlangsung dua kali. Hal ini karena penggalangan donasi yang hanya berlangsung dua pekan.

"Dua minggu kita minta. SE sudah ada," kata Danny.

Baca Juga: 10 Potret Artis Ikut Aksi Bela Palestina, Donasi hingga Turun ke Jalan

3. Penggalangan dana selama dua pekan

Pemkot Makassar Belum Jumlahkan Donasi Untuk PalestinaIlustrasi Palestina (Dok. Google Map)

Penggalangan dana ini tertuang dalam surat imbauan Wali Kota Makassar Nomor:400/39/HIM/Kesra/XI/2023 yang diterbitkan hari ini, Rabu (8/11/2023). Surat imbauan itu diteruskan kepada para pimpinan SKPD, camat, lurah, kepala sekolah, pimpinan perusda, pengurus masjid, tokoh masyarakat hingga ketua RT dan RW.

Surat itu juga menyebutkan bahwa sumbangan atau isi kotak amal masjid dapat disetorkan ke Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Makassar Iantai 3 Kantor Wali Kota Makassar atas nama Rosnini dengan nomor 08114107151. Pemkot menerima sumbangan tersebut mulai 8-22 November 2023 selama jam kantor yaitu pukul 08.00-15.30 WITA.

"Kami juga mengimbau, agar masyarakat umat Islam terus mendoakan sudara saudari kita yang ada di Palestina agar senantiasa diberi ketabahan," demikian isi surat itu.

Baca Juga: Pesan Sekda Makassar di Upacara Hari Pahlawan: Perangi Kebodohan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya