TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Suasana Simulasi Sekolah Tatap Muka di Makassar, Siswa Wajib Antigen

PTM digelar secara bertahap di Makassar

Aktivitas belajar di SMP Negeri 6, Kota Makassar, Senin (4/10/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Makassar, IDN Times - Sejumlah sekolah di Makassar mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas mulai digelar hari ini, Senin (4/10/2021). Selama simulasi PTM, hanya dua sekolah baik negeri dan swasta yang dipilih dari masing-masing kecamatan.

Pelaksanaan sekolah tatap muka dilaksanakan dengan sejumlah aturan. Salah satu aturannya adalah sekolah wajib menerapkan protokol kesehatan, membatasi jumlah siswa hingga mewajibkan rapid antigen bagi siswa dan guru sebelum masuk. 

Menurut Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto, simulasi ini penting sebelum menetapkan PTM diterapkan di seluruh sekolah.

"Hari ini adalah simulasi, bukan uji coba. Simulasi adalah menerapkan apa yang menjadi skenario kita kemudian kita melihat dalam satu minggu ini apa-apa yang perlu disempurnakan," kata Danny saat memantau pelaksanaan simulasi PTM di SMP Negeri 6 Makassar, Jalan Ahmad Yani.

1. Siswa dites antigen sebelum masuk

Simulasi PTM di SMP Negeri 6, Kota Makassar, Senin (4/10/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Dari pantauan IDN Times di SMP Negeri 6 Makassar, para siswa yang akan mengikuti PTM terlebih dahulu menjalani tes rapid antigen. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi COVID-19 lebih cepat guna mencegah munculnya klaster baru.

"Jadi bukan sampling random. Tapi total 100 persen. Karena kami punya stok antigen sejak awal kami siapkan 400 ribu," kata Danny.

Setelah tes antigen, kata Danny, pada 14 hari kemudian, siswa akan di tes Genose. Lalu di bulan berikutnya, mereka kembali akan dites rapid antigen.

"Apakah paru-parunya sehat atau tidak. Jadi itu kemudian secara berkala apakah nanti kita lihat sistem kesehatan kita per bulan kah kita apakah random atau total lagi kita tes. Kita lihat ketersediaan antigen kita," kata Danny.

Baca Juga: Simulasi Sekolah Tatap Muka di Makassar Dimulai Senin 4 Oktober

2. Sekolah wajib penuhi protokol kesehatan

Simulasi PTM di SMP Negeri 6, Kota Makassar, Senin (4/10/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Di SMP Negeri 6 Makassar, kursi untuk para siswa juga diatur berjarak. Satu meja yang biasanya ditempati dua siswa kini hanya ditempati satu siswa.

Beberapa wastafel yang lengkap dengan sabun cuci tangan juga terlihat di dekat gerbang masuk sekolah. Di dalam, beberapa wastafel juga terlihat berjajar.

Durasi belajar juga tidak lama yakni hanya 3 jam. Saat pukul 11.00 WITA, para siswa tampak sudah mulai meninggalkan area sekolah. 

Pihak sekolah juga tidak membuka kantin sehingga siswa tidak bisa makan di sekolah. Karena aktivitas makan akan membuat siswa harus membuka masker.

Sekolah ini termasuk salah satu sekolah yang dipilih dari tiap kecamatan karena dianggap layak menggelar PTM. Sebelum menggelar PTM, sekolah harus memenuhi 4 komponen syarat yaitu administrasi, sarana prasarana, kesiapan belajar dan faktor risiko.

Baca Juga: Disdik Makassar Verifikasi Ulang Kelayakan PTM per Kecamatan

Berita Terkini Lainnya