TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jadwal dan Lokasi Mobil Kas Keliling Penukaran Uang Baru di Makassar

Masyarakat sudah bisa menukarkan uang

BI Sulsel sediakan layanan kas keliling untuk penukaran uang baru, Senin (27/3/2023). Dok. BI Sulsel

Makassar, IDN Times - Layanan mobil kas keliling untuk penukaran uang baru menjelang Idul Fitri sudah bisa dimanfaatkan warga Kota Makassar. Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan (BI Sulsel) telah menyiapkan Rp5,8 triliun uang tunai untuk masyarakat.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Rudy Bambang Wijanarko, mengatakan pihaknya menjamin kecukupan uang tunai yang dibutuhkan masyarakat. Karena itu, BI menyediakan uang tunai sebesar Rp5,8 trilliun atau naik sekitar 14 persen dibandingkan tahun lalu yang sebesar Rp5,04 triliun.

"Besarnya penyediaan uang tunai tersebut sudah memperhitungkan banyak faktor, termasuk normalisasi aktivitas masyarakat pasca pencabutan PPKM, pemulihan aktivitas ekonomi masyarakat seiring pertumbuhan ekonomi, serta peningkatan mobilitas masyarakat pada momen mudik lebaran," kata Rudy dalam siaran persnya, Selasa (28/3/2023).

1. BI sediakan loket dan kas keliling

Ilustrasi uang rupiah (IDN Times/Anggun Puspitoningrum).

Layanan penukaran bisa melalui loket-loket penukaran di 112 kantor cabang bank yang tersebar di berbagai kabupaten/kota di Sulsel. Selain itu, BI Sulsel juga menyediakan layanan kas keliling sebanyak 32 kali di 24 titik strategis, termasuk di pusat keramaian, pasar tradisional, dan instansi pemerintah. 

"BI Sulsel memaksimalkan pendistribusian uang ke seluruh wilayah Sulsel maupun Sulawesi, Maluku, dan Papua (Sulampua), termasuk melalui kas titipan, agar perbankan memiliki kecukupan persediaan uang tunai, baik secara jumlah maupun jenis pecahan," kata Rudy.

2. Syarat sebelum menukar uang

Tangkapan layar situs web PINTAR Bank Indonesia untuk pemesanan penukaran uang. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Pendaftaran dan antrian penukaran uang pada layanan kas keliling bisa mendaftar terlebih dahulu melalui tautan https://pintar.bi.go.id. Melalui situs ini, masyarakat juga bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai cara pemesanan penukaran uang rupiah.

Saat hendak menukarkan uangnya, warga harus menyertakan tanda pengenal berupa KTP. Kemudian, merapikan uang yang bakal ditukarkan agar lebih mudah saat ditukar.

Baca Juga: Perluas QRIS, Bank Indonesia Gandeng Bazar Ramadan Tentang Kuliner

Berita Terkini Lainnya