TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ini Makna Nomor Urut bagi Danny dan Sudirman di Pilgub Sulsel

Danny-Azhar nomor urut 1, Sudirman-Fatma nomor 2

Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel Mohammad Ramdhan Pomanto-Azhar Arsyad dan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi menunjukkan nomor urut dalam Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Pilgub Sulsel di Hotel Claro, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (23/9/2024). (ANTARA FOTO/Hasrul Said)

Makassar, IDN Times - Dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan telah mendapatkan nomor urut. Danny Pomanto-M. Azhar Arsyad memperoleh nomor urut 1, sedangkan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi nomor urut 2.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel menggelar rapat pleno pengundian dan penetapan nomor urut di di Hotel Claro, Makassar, Senin (23/9/2024). Pengundian nomor urut ini disaksikan partai pengusung dan para pendukung.

"KPU Provinsi Sulawesi Selatan telah melakukan pengundian nomor urut pasangan calon berdasarkan Pasal 121 PKPU Nomor 8 Tahun 2024 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota," kata Ketua KPU Sulsel, Hasbullah.

Baca Juga: Pilgub Sulsel: Danny-Azhar Nomor Urut 1, Sudirman-Fatma 2

1. Danny menyebut nomor urut 1 tanda kemenangan

Usai pengundian, Danny menyebut nomor urut 1 bermakna tidak ada duanya. Dia berharap ini menjadi pertanda kemenangan.

"Kami memegang filosofi dalam kampanye gagasan, satu fakta lebih baik dari seribu kata. Kami punya fakta-fakta insyaallah itu akan menjadi referensi masyarakat untuk memilih nomor 1," kata Danny.

Nomor urut 1 bagi Danny mengandung makna kemenangan. Sejak awal, dia memang berharap nomor urut 1. "Saya kan bilang tadi insyaallah kita akan mencabut nomor kemenangan dan insyaallah nomor 1 adalah nomor kemenangan," kata Danny.

2. Dapat nomor urut 2, Sudirman ungkit Pilprs 2024

Sementara itu, Andi Sudirman Sulaiman menilai tidak ada nomor yang lebih spesial dari yang lainnya. Baginya, semua nomor baik dan penting.

Nomor urut 2 mengingatkan Sudirman dengan Pemilihan Presiden 2024. Saat itu dia mengampanyekan pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang akhirnya terpilih.

"Sama saja semua nomor paling penting. Kita nomor 2, pernah kampanye pilpres nomor 2 juga dan alhamdulillah kita juga diberi nomor 2. Sosialisasi sudah sampai ke masyarakat," kata Sudirman.

3. Paslon ikrarkan deklarasi kampanye damai

Dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel mendeklarasikan kampanye damai. Deklarasi diikrarkan usai rapat pleno KPU Sulsel pengundian dan penetapan nomor urut.

Deklarasi damai digelar jelang masa kampanye pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak, yang berlangsung 25 September hingga 23 November 2024.

"Deklarasi kampanye damai, sebagai penanda tanggal 25 besok sudah memulai waktu masa kampanye," kata Ketua KPU Sulsel Hasbullah.

Ada tiga poin deklarasi damai yang diikrarkan pasangan calon, partai politik pengusul, serta tim kampanye dan para pendukung. Pertama, mewujudkan pemilihan yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Kedua, melaksanakan kampanye pemilihan yang aman, tertib, dan damai, berintegritas, tanpa hoaks, tanpa politisasi SARA, dan tanpa politik uang. Ketiga, melaksanakan kampanye pemilihan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga: Calon Gubernur Sulsel Deklarasikan Kampanye Damai

Berita Terkini Lainnya