TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Danny Pomanto Marahi Anak Buahnya karena Takut Beli Alat Tes GeNose

Pejabat keuangan Pemkot Makassar takut belanjakan anggaran

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Makassar, IDN Times - GeNose dipilih jadi alat tes pelacakan kasus atau tracing contact COVID-19 di Kota Makassar, setelah melalui serangkaian uji coba. Pemkot pun langsung berencana membeli mesin itu dalam jumlah besar.

Namun rupanya, alat tersebut belum dipesan hingga saat jni. Hal itu lantas membuat Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto selaku Wali Kota Makassar marah.

"Belum (dipesan). Teman-teman ini kan yang penanggung jawab keuangan terlalu takut sampai ini. Makanya saya marah," kata Danny di kediamannya, Rabu (5/5/2021).

1. Pengadaan GeNose sudah dikonsultasikan dengan sejumlah pihak

Mesin GeNose. IDN Times/Asrhawi Muin

Menurut Danny, penanggung jawab keuangan belum memesan alat tersebut dengan alasan takut menjadi temuan. Padahal, kata Danny, pengadaan alat itu sudah dikonsultasikan dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP), kepolisian, dan kejaksaan.

"Terlalu hati-hati padahal sudah konsultasi kiri kanan, pendampingan kepolisian, kejaksaan. Apa lagi, ini kan barang darurat, memang dibelanjakan langsung. Itu tidak perlu ditender," kata Danny.

Baca Juga: Deteksi COVID-19 dengan GeNose Mulai Diuji Coba di Makassar 

2. Anggaran pengadaan GeNose sudah ada

Relawan Makassar Recover menjalani tes GeNose di Lapangan Karebosi, Jumat (30/4/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Hal lain yang membuat Danny marah adalah karena anggaran pengadaan mesin GeNose sebenarnya sudah ada. Dengan demikian, mesin tersebut seharusnya sudah bisa dipesan.

Ditambah lagi, penggunaan alat GeNose sudah mendesak. Selain sebagai alat tracing, GeNose juga rencananya dimanfaatkan sebagai alat skrining yang akan ditempatkan di seluruh kelurahan bahkan sekolah di Makassar.

"Saya juga mulai marah, sudah satu bulan uang ada, kegiatan tidak bisa jalan karena tidak ada yang dia beli," kata Danny, yang ingin GeNose bisa segera digunakan oleh para relawan Makassar Recover.

Baca Juga: 15 Ribu Relawan Makassar Recover Bertahap Jalani Tes GeNose dan PCR

Berita Terkini Lainnya