Unhas Rencana Buka Kampus Vokasi Pariwisata dan Perikanan di Selayar

Kampus vokasi ketiga, disesuaikan dengan kebutuhan daerah

Makassar, IDN Times - Demi melancarkan pembukaan kampus vokasi, pihak rektorat Universitas Hasanuddin (Unhas) melakukan diskusi kelompok terarah bersama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, pada Kamis (22/4/2021) siang.

Berlangsung secara luring terbatas di Rumah Jabatan Bupati Selayar, hadir pula jajaran Kepala Dinas, Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), dan sejumlah tokoh masyarakat.

1. Rencana pembukaan kampus vokasi Unhas di Selayar diapresiasi oleh Pemkab setempat

Unhas Rencana Buka Kampus Vokasi Pariwisata dan Perikanan di SelayarSuasana Focus Group Discussion (FGD) antara pihak Universitas Hasanuddin dengan Pemerintah Kabupaten Selayar terkait rencana pembukaan kampus vokasi pada Rabu 22 April 2021. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Membuka acara tersebut, Sekretaris Daerah Pemkab Selayar Marjani Sultan berterima kasih atas kesediaan Unhas membangun dan meningkatkan kualitas SDM di daerahnya.

"Kami tentu berharap momentum ini akan semakin memperkuat komitmen, baik itu pemerintah Selayar maupun Unhas untuk segera merealisasikan niat baik guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya dalam keterangan pers yang diterima IDN Times.

2. Menjadi komitmen Unhas untuk mengembangkan SDM sesuai kebutuhan daerah

Unhas Rencana Buka Kampus Vokasi Pariwisata dan Perikanan di SelayarSuasana Focus Group Discussion (FGD) antara pihak Universitas Hasanuddin dengan Pemerintah Kabupaten Selayar terkait rencana pembukaan kampus vokasi pada Rabu 22 April 2021. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas, Muhammad Restu, menjelaskan bahwa pendirian kampus vokasi di Selayar merupakan bentuk kewajiban Kampus Merah untuk mengembangkan SDM sesuai kebutuhan daerah.

"Unhas akan memberikan kontribusi maksimal sesuai kapasitas dan tanggung jawab yang dimiliki. Saya berharap dengan komitmen kuat dari dua pihak, maka niat baik pendirian kampus ini akan segera terealisasi," paparnya.

Baca Juga: 5 Spot Wisata Pantai di Pulau Selayar, Mirip Durdle Door Beach Inggris

3. Kampus vokasi Unhas di Selayar berfokus pada pariwisata dan perikanan

Unhas Rencana Buka Kampus Vokasi Pariwisata dan Perikanan di SelayarKondisi lahan yang menjadi lokasi pembangunan kampus vokasi Universitas Hasanuddin di Kabupaten Selayar. (Dok. DIrektorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Direncanakan menjadi kampus vokasi ketiga di luar Makassar, ada dua program studi yang akan dibuka yakni Program Studi (Prodi) Destinasi Wisata serta Prodi Budidaya Laut dan Perikanan Tangkap.

Menurut Restu, Selayar merupakan wilayah maritim dengan potensi perikanan luas serta pariwisata yang besar. Maka dua prodi tersebut diharapkan memberi dampak bagi sektor ekonomi dan pembangunan daerah.

Baca Juga: Unhas dan Pemkab Soppeng Teken Kerja Sama Pembangunan Kampus

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya