Tim Unhas Raih Sejumlah Penghargaan di Lomba Satria Data 2023

Termasuk juara 2 kategori National Statistics Competitions

Makassar, IDN Times - Tim utusan Universitas Hasanuddin kembali menorehkan prestasi pada kompetisi nasional. Kali ini di ajang Statistika Ria dan Festival Sains Data (Satria Data) yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek.

Satria Data 2023 berlangsung di Universitas Brawijaya Malang pada 21-23 Agustus lalu, dengan tema Inovasi dengan Data: Merdeka Menginspirasi, Menciptakan Solusi, dan Membangun Negeri. Sebanyak 10 mahasiswa Unhas menyabet sejumlah penghargaan dalam beberapa kategori yang dilombakan.

Baca Juga: UKM Panahan Unhas Galang Donasi untuk Srikandi Kusuma Wardhani

1. Mahasiswa Statistika 2021, Nurul Mutiara Annisa, meraih juara 2 kategori National Statistics Competition

Tim Unhas Raih Sejumlah Penghargaan di Lomba Satria Data 2023Mahasiswa Universitas Hasanuddin, Nurul Mutiara Annisa, peraih juara dua kategori National Statistics Competition (NSC) Satria Data 2023 yang berlangsung di Universitas Brawijaya Malang pada 21-23 Agustus 2023. (Dok. Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas)

Mahasiswa jurusan Statistika angkatan 2021, Nurul Mutiara Annisa, meraih juara dua dalam bidang National Statistics Competition (NSC). Selanjutnya trio Imelda Putri Deliansyah, Afifah Mutiah Nurdin dan Rafiah Ulya, juga dari jurusan Statistika angkatan 2021, menerima penghargaan People's Choice Award.

Tim Unhas juga berhasil masuk ke dalam 12 finalis terbaik dalam kategori Statistics Infographic Competition. Tim tersebut terdiri dari Muhamad Raihan (Ketua Tim), Muhammad Rayhan Arman (Anggota), dan Muchtar Adam Al Hamid (Anggota).

Tak sampai di situ, ada empat mahasiswa dari Unhas yang berhasil masuk dalam 12 besar pada bidang National Statistics Competition. Mereka adalah Nur Aliah Ramadhani, Nur Aulia, Ridwan, dan Eunike Laurine Randa.

2. Unhas mengapresiasi capaian mahasiswa di Satria Data 2023

Tim Unhas Raih Sejumlah Penghargaan di Lomba Satria Data 2023Wakil Rektor I Universitas Hasanuddin, Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., SpM(K). (Dok. Biro Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof. Muhammad Ruslin, merasa bersyukur atas prestasi yang diraih oleh tim Unhas di ajang Satria Data 2023.

"Tim Unhas sekali lagi meraih prestasi yang membanggakan dalam salah satu ajang kompetisi paling bergengsi di tanah air yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek," ujar Prof. Ruslin dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times pada Sabtu (26/8/2023).

3. Terdapat tiga kategori dalam lomba Satria Data 2023 di Universitas Brawijaya Malang

Tim Unhas Raih Sejumlah Penghargaan di Lomba Satria Data 2023Para mahasiswa Universitas Hasanuddin peraih penghargaan di berbagai kategori lomba Satria Data 2023 yang berlangsung di Universitas Brawijaya Malang pada 21-23 Agustus 2023. (Dok. Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas)

Kategori lomba dalam Satria Data 2023 sendiri meliputi National Statistics Competition (NSC), Statistics Essay Competition (SEC), Statistics Infographic Competition (SIC), dan Big Data Challenge (BDC).

Kompetisi ini tidak cuma menilai kemampuan hardskill dalam bidang statistika dan sains data. Melainkan juga kemampuan softskill seperti komunikasi, visualisasi, kerja sama, dan kreativitas dalam mengatasi masalah yang kompleks.

Baca Juga: MK Izinkan Capres Kampanye di Kampus, Mahasiswa Unhas: Welcome!

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya