Comscore Tracker

Temuan Kemenpan RB: 75 Peserta Tes SKD CPNS di Sulsel Berbuat Curang

Temuan awal, totalnya mencapai 225 peserta di 5 provinsi

Makassar, IDN Times - Tes seleksi kompetensi dasar (SKD) untuk rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2021 diwarnai dugaan kecurangan oleh peserta. Jumlahnya disebut mencapai 225 orang di sembilan titik lokasi (tilok tes) pada lima provinsi. Jumlahnya bisa bertambah sebab ini baru temuan awal.

"Kecurangan bisa juga terjadi di titik lokasi lain. Kemenpan RB, BKN (Badan Kepegawaian Negara) dan Panselnas (Panitia Seleksi Nasional) sedang membahas strategi untuk mendiskualifikasi peserta yang curang, tanpa membuat gaduh," ungkap Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo seperti dilansir ANTARA pada Rabu (27/10/2021).

1. Sebanyak 75 peserta di Sulsel yang diduga curang tersebar di empat titik lokasi tes

Temuan Kemenpan RB: 75 Peserta Tes SKD CPNS di Sulsel Berbuat CurangIlustrasi tes SKD CPNS (IDN Times/Dokumen)

Dalam temuan awal Kemenpan RB, peserta yang diduga curang paling banyak ditemukan di Sulawesi Selatan (Sulsel) yakni 75 orang.

Mereka tersebar di empat titik. Antara lain Tilok Mandiri Pemerintah Kabupaten Enrekang (Aula Kantor Bupati Enrekang) berjumlah 5 orang, serta 62 peserta di Tilok Mandiri Pemerintah Kabupaten Sidenreng Rappang/Sidrap (Ruang Pola Kantor Bupati Sidenreng Rappang).

Kemudian masing-masing 4 peserta tes di Tilok Mandiri Pemerintah Kabupaten Luwu (Aula Lagaligo Kantor Bupati Luwu) dan Tilok Mandiri Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Universitas Kristen Indonesia Paulus Makassar).

2. Selain itu, kecurangan juga didapat di Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah

Temuan Kemenpan RB: 75 Peserta Tes SKD CPNS di Sulsel Berbuat CurangPeserta SKD CPNS Pemkot Madiun sedang bersiap mengerjakan tes, Senin (27/1).IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Dugaan perbuatan culas juga ditemukan di Sulawesi Barat dengan total mencapai 59 peserta. Rinciannya yakni 40 orang di Tilok Mandiri Cost-Sharing Mandiri Kabupaten Mamuju Kabupaten Pasang Kayu (Gedung PKK Prov Sulawesi Barat) dan 19 lainnya pada Tilok Mandiri Pemerintah Kabupaten Mamasa (Aula SMKN 1 Mamasa).

Sementara itu, panitia menemukan 27 peserta disinyalir bersiasat licik di Sulawesi Tengah. Semuanya berada di Tilok Mandiri Kabupaten Buol.

Kemudian di Tilok Mandiri BKN Lampung (Aula Makorem 043 Garuda Hitam) ada 23 orang, dan juga 41 peserta yang masuk dalam Tilok Mandiri Pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Gedung Baruga Buton Selatan).

3. Rapat panitia seleksi nasional memutuskan 225 peserta ini akan didiskualifikasi

Temuan Kemenpan RB: 75 Peserta Tes SKD CPNS di Sulsel Berbuat CurangIlustrasi Tes SKD CPNS di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Setelah diduga kuat melakukan kecurangan, seluruh 225 peserta ini akan didiskualifikasi. Keputusan tersebut diambil berdasarkan rapat panitia seleksi nasional khusus yang digelar Badan Kepegawaian Negara (BKN), bersama Kemenpan RB, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) pada 22 Oktober pekan lalu.

"Perlu dilakukan diskualifikasi terhadap 225 peserta yang diduga melakukan kecurangan. Diskualifikasi ini perlu segera disampaikan kepada masing-masing instansi," tutup Tjahjo.

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya