Comscore Tracker

Enam Fakultas di Unhas Mulai Kuliah Tatap Muka

Diikuti oleh mahasiswa angkatan 2020 dan 2021

Makassar, IDN Times - Sejumlah fakultas di Universitas Hasanuddin (Unhas) resmi memulai uji coba kuliah tatap muka terbatas Semester Awal Tahun Akademik 2021/22, pada hari Senin (18/10/2021).

Salah satunya yakni di Fakultas Perawatan (FKep), di mana ada 128 mahasiswa yang kembali belajar decara luring. Mereka terbagi dalam lima kelas, dengan rincian dua kelas Program Studi (Prodi) Fisioterapi dan tiga kelas Prodi Keperawatan.

"Untuk mendukung penerapan Protokol COVID-19, kami menyediakan hand sanitizer dan alat pengukur suhu. Kami juga memiliki klinik yang bisa dimanfaatkan jika mahasiswa memiliki kondisi tubuh yang kurang fit," ucap Wakil Dekan I FKep Unhas, Rini Rachmawaty, dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times.

1. Ada enam fakultas yang resmi memulai proses Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT)

Enam Fakultas di Unhas Mulai Kuliah Tatap MukaSuasana proses uji coba Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) di Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin Makassar pada hari Senin 18 Oktober 2021. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Sementara itu di Prodi Psikologi Fakultas Kedokteran (FK) Unhas, ada kurang lebih 50 mahasiswa yang mengikuti proses pembelajaran pada hari ini. Semuanya terbagi juga ke dalam lima kelas berbeda.

Menurut Dr. Ichlas Nanang Afandi selaku Ketua Prodi Psikologi (FK) Unhas, setiap kelas dilengkapi dengan peralatan multimedia sebagai pendukung proses pembelajaran secara daring bagi mahasiswa yang tak bisa hadir secara luring.

Selain Fakultas Keperawatan dan Fakultas Kedokteran, fakultas lain yang juga menggelar PTMT pada hari ini adalah FISIP, FMIPA, Fakultas Kehutanan, dan Fakultas Pertanian. Semuanya berada di Kampus Tamalanrea.

2. PTMT di kelas juga wajib menyediakan perangkat multimedia pendukung belajar daring

Enam Fakultas di Unhas Mulai Kuliah Tatap MukaSuasana proses uji coba Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) di Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin Makassar pada hari Senin 18 Oktober 2021. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Unhas telah merancang dan mempersiapkan prosedur pembelajaran tatap muka, prosedur pembelajaran dalam kelas, laboratorium, laboratorium lapangan hingga penyelenggaraan seminar, ujian akhir dan promosi.

Selain itu, penyelenggaraan PTMT merujuk pada Surat Keputusan (SK) Rektor Universitas Hasanuddin No. 6047/UN4.1/KEP/2021. Terdapat sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh pihak fakultas, departemen dan program studi

Wajib disediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer dan masker cadangan. Kemudian jarak antar mahasiswa sejauh 1,5 meter. Akses wifi dan kamera juga mutlak tersedia demu mendukung proses pembelajaran secara hybrid.

Baca Juga: Mahasiswa Farmasi Unhas Juara 1 Racik Ramuan Penambah Imun Bahan Sawit

3. Seluruh mahasiswa yang ikut PTMT telah menjalani rapid antigen pada pekan lalu

Enam Fakultas di Unhas Mulai Kuliah Tatap MukaSuasana proses uji coba Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) di Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin Makassar pada hari Senin 18 Oktober 2021. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Para mahasiswa Unhas yang kembali kuliah tatap muka di kelas juga disyaratkan telah mendapat vaksin dosis lengkap, mengantongi izin tertulis dari orang tua, berasal dari angkatan 2021serta 2021, serta tinggal di wilayah Kota Makassar dan sekitarnya (Maros, Gowa, Takalar).

Sebelum PTMT berlangsung, Satgas COVID-19 Unhas juga telah melakukan tes swab antigen untuk 1.240 mahasiswa dan tenaga pendidik dari Kamis (14/10/2021) hingya Jumat pekan lalu (15/10/2021) di JK Arenatorium, Kampus Unhas Tamalanrea.

Baca Juga: Kuliah Tatap Muka Unhas 18 Oktober bagi Mahasiswa yang Sudah Vaksinasi

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya