Comscore Tracker

WOW! Remaja Makassar Ini Juara Kontes Komik Global UNICEF

Karya Rizka mengalahkan peserta dari 130 negara

Makassar, IDN Times - Rizka Raisa Fatimah Ramli, seorang siswi berusia 17 tahun dari Makassar, Sulawesi Selatan, mencatatkan prestasi membanggakan. Dia baru-baru ini memenangkan kontes kontes komik global yang diselenggarakan badan PBB Unicef dan Comics Uniting Nations.

Rizka memenangkan kontes dengan karya karakter komik yang menjaga anak-anak dan remaja aman dari kekerasan di dalam dan sekitar sekolah. Cipta, nama karakter tersebut, merupakan pahlawan super khayalan yang memberi anak-anak buku sketsa. Dari buku sketsa, anak-anak bisa menggambar objek yang bisa hidup dan menghentikan kekerasan dan intimidasi.

“Rizka sekarang akan berkolaborasi dengan tim profesional untuk menghasilkan buku komik lengkap yang menampilkan ‘Cipta’. Buku komiknya akan disajikan kepada para pemimpin dunia di Forum Politik Tingkat Tinggi PBB pada Juli 2019, serta didistribusikan ke sekolah-sekolah dan anak-anak di seluruh dunia,” bunyi siaran pers UNICEF yang diterima Kamis (10/1).

1. Mengalahkan lebih dari tiga ribu karya peserta dari seluruh dunia

WOW! Remaja Makassar Ini Juara Kontes Komik Global UNICEFUnicef

Direktur Komunikasi UNICEF Paloma Escudero mengatakan, kontes komik global diluncurkan UNICEF dan Comics Uniting Nations pada Oktober 2018. Kontes terbuka bagi anak-anak dan remaja untuk menciptakan karakter komik superhero. Kontes bagian dari kampanye global UNICEF untuk memicu aksi #ENDviolence di sekolah melalui media kreatif.

Karakter komik yang diciptakan peserta, akan melawan The Silence, karakter supernatural yang menggunakan kekuatannya untuk menghentikan anak-anak dari berbicara dan bertindak melawan kekerasan di dalam dan di sekitar sekolah. Kontes ini diikuti hampir 3.600 peserta di lebih dari 130 negara. Lebih dari 23 ribu suara diberikan di laman kontes untuk menentukan pemenang. 

"Jumlah entri luar biasa yang kami terima mengirimkan pesan kuat bahwa anak-anak dan remaja ingin memecah keheningan atas kekerasan dan intimidasi di sekolah,” kata Paloma Escudero pada siaran pers.

“Selamat kepada Rizka atas desainnya yang menang, yang akan menginspirasi ribuan siswa untuk berbicara dan membantu #ENDviolence di dalam dan sekitar sekolah.”

Baca Juga: Universitas Negeri Makassar Putus Studi 342 Mahasiswa  

2. Karakter komik diharapkan menginspirasi anak-anak korban kekerasan

WOW! Remaja Makassar Ini Juara Kontes Komik Global UNICEFUnicef

Cipta, nama karakter yang juga dikenal sebagai Rajwa, oleh Rizka disebut sebagai seorang anak berusia 15 tahun yang dapat mengubah gambarnya gambar hasil sketsanya menjadi benda-benda di kehidupan nyata, dan mengendalikannya untuk menghentikan kekerasan di sekolah. 

Cipta digambarkan berpenampilan kasual, mengenakan turtleneck hijau dan celana hitam sebatas lutut. Ke mana pun pergi, dia selalu mengenakan ransel, serta memegang buku sketsa dan pensil di tangan.

Karakter ini memberikan buku sketsanya kepada anak-anak yang takut berbicara dan bertindak terhadp kekerasan yang mereka alami. Di dalamnya, mereka dapat menggambar atau menulis objek yang ingin dia buat dan kontrol. 

“Saya harap saya dapat menginspirasi banyak orang, terutama anak-anak, untuk menceritakan kisah mereka dan jika mereka tidak dapat mengatakannya secara langsung, maka sampaikan melalui gambar,” kata Rizka.

3. Wali Kota Makassar sampaikan selamat

WOW! Remaja Makassar Ini Juara Kontes Komik Global UNICEFUnicef

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto menyatakan turut berbangga atas prestas Rizka Raisa. Dia menilai semangat Rizka melalui karakter komik sejalan dengan semangat Pemkot Makassar untuk menanggulangi permasalahan sosial, khususnya kekerasan terhadap anak. 

"Saya anggap, Rizka mampu menangkap salah satu permasalahan sosial yang sangat penting di Indonesia, yaitu perundungan (bullying). Atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Makassar, saya ucapkan selamat atas prestasi ini,” kata Danny, sapaan Ramdhan Pomanto.

4. Rizka banyak menumpahkan karya sketsa di media sosial

WOW! Remaja Makassar Ini Juara Kontes Komik Global UNICEFUnicef

Rizka saat ini duduk di kelas 3 salah satu sekolah menengah atas di Makassar. Remaja ini menyebut dirinya suka kopi dan bersepeda. Selama ini, Rizka banyak menampilkan karya-karya sketsanya melalui media sosial. Salah satunya bisa dijumpai melalui akun Instagram @rika.rar.

Baca Juga: Masalah Teknis, Batik Air Tujuan Jakarta Kembali ke Makassar

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You