Relawan Ganjar di Sulsel Safari Galang Dukungan Santri

Dari doa bersama hingga penyaluran bantuan untuk pesantren

Makassar, IDN Times - Kelompok relawan Santri Dukung Ganjar Sulawesi Selatan (SDG) aktif bersafari keliling daerah. Mereka menggalang dukungan untuk kandidat presiden Ganjar Pranowo sekaligus memperkuat jejaring, terutama di kalangan santri.

Kegiatan relawan SDG antara lain berupa doa bersama yang disertai sosialisasi ketokohan Ganjar yang kini menjabat Gubernur Jawa Tengah. Seperti yang digelar di Pondok Pesantren Ash-Shalihin Sompa Opu, Kabupaten Gowa, Selasa (17/1/2023).

“Hari ini kami meminta doa agar segala niat baik bisa terwujud. Yaitu agar Pak Ganjar Pranowo bisa menjadi Presiden 2024,” kata Koordinator Wilayah SDG Sulsel Ahmad Zulfikar lewat keterangan persnya, Selasa.

1. Relawan perkenalkan ketokohan Ganjar kepada kalangan santri

Relawan Ganjar di Sulsel Safari Galang Dukungan SantriGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Instagram.com/@ganjar_pranowo)

Zulfikar mengatakan, doa bersama diisi kegiatan sosialisasi prestasi dan rekam jejak Ganjar di kancah politik dan pemerintahan. Relawan berharap lewat sosialisasi, ketokohan Ganjar bisa diketahui lebih meluas. SDG sendiri berfokus pada sosialisasi di kalangan santri.

“Harapan kami setelah ini agar para pemilih pemula yaitu santri milenial mau mendukung Pak Ganjar. Karena, santri sendiri suka dengan sosok seperti Pak Ganjar yang mencintai pesantren dan menjadikan pondok pesantren sebagai rumah kedua,” ungkapnya.

Pada kegiatan itu, relawan SDG juga memberikan bantuan secara simbolik kepada pondok pesantren. Bantuan berupa bahan material untuk pembangunan gedung.

2. Ulama turut mendoakan Ganjar

Relawan Ganjar di Sulsel Safari Galang Dukungan SantriIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Pendiri Ponpes Ash-Shalihin Gowa KH Saenong Ibrahim mengaku senang atas kehadiran relawan Santri Dukung Ganjar. Dia turut mendoakan agar Ganjar mendapat kemudahan dan petunjuk menuju pencalonan di Pemilihan Presiden 2024.

“Kami berdoa agar segala kesusahan yang dihadapi bisa mendapat kemudahan dan Allah menolongnya memberi petunjuk. Harapan kami semoga beliau terpilih dan bisa mengayomi seluruh rakyat,” ujar Saenong.

3. Relawan aktif berkeliling daerah

Relawan Ganjar di Sulsel Safari Galang Dukungan SantriKoordinator Wilayah Santri Dukung Ganjar (SDG) Sulsel Ahmad Zulfikar. (Dok. Istimewa)

Ahmad mengatakan, pihaknya akan terus lebih mendekatkan sosok Ganjar kepada santri dan ulama di wilayah Sulsel. Ahmad menyebut SDG Sulsel akan mengunjungi lebih banyak pondok pesantren dan lebih aktif sosialisasikan Ganjar sebagai salah satu kandidat calon presiden.

"Kita akan lebih memasifkan upaya memperkenalkan Bapak Ganjar Pranowo agar lebih dekat dengan masyarakat, khususnya para santri dan ulama," katanya.

Ahmad juga berharap, santri memahami peran besar pendahulu mereka dulu sebagai pejuang kemerdekaan, dan kini sebagai penjaga keutuhan NKRI.

"Harapan untuk para santri hari ini harus memahami bahwa memperjuangkan kemerdekaan itu tidak terlepas dari campur tangan para santri. Dari segi pemikiran dan intelektualnya untuk sebuah bangsa yang bernama Republik Indonesia," Ahmad melanjutkan.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya