Comscore Tracker

Polisi Tembak Spesialis Pencuri Kabel Menara BTS Telkomsel

Polisi sita barang bukti 23 kilogram kabel tembaga

Makassar, IDN Times - Polisi menembak terduga pelaku spesialis pencurian kabel pada menara telekomunikasi atau BTS di Kota Makassar. Pelaku ditembak karena dianggap berupaya melarikan diri, saat dibekuk anggota tim gabungan Polsek Rappocini dan Polda Sulawesi Selatan, Rabu (9/10) malam.

Pelaku berinisial RL, 30 tahun, ditangkap polisi di tempat persembunyiannya di Jalan Kapasa Raya, Kecamatan Biringkanaya, Makassar. Pria itu diidentifikasi sebagai warga Jalan Gunung Latimojong, yang sehari-hari bekerja sebagai buruh bangunan.

Baca Juga: Usai Bunuh Istri, Napi di Lapas Makassar Gantung Diri di Penjara

1. Polisi mengaitkan pelaku dengan 17 kasus pencurian

Polisi Tembak Spesialis Pencuri Kabel Menara BTS TelkomselDok. IDN Times/Istimewa

Kepala Sub Bagian Humas Polrestabes Makassar Kompol Alex Dareda mengatakan, RL ditangkap atas dugaan pencurian kabel milik perusahaan telekomunikasi Telkomsel. Lokasi pencurian di salah satu menara komunikasi BTS, di Jalan Rappocini, Makassar.

Pelaku, kata Alex, mengakui perbuatannya kepada penyidik. Pelaku menyatakan setidaknya pernah mencuri kabel menara BTS di berbagai wilayah di Kota Makassar dan Kabupaten Gowa.

"Pelaku menerangkan sudah tujuh belas kali melakukan pencurian kabel milik Telkomsel di wilayah Makassar dan Gowa," ucap Alex.

2. Polisi sita barang bukti berupa 23 kilogram kabel tembaga

Polisi Tembak Spesialis Pencuri Kabel Menara BTS TelkomselDok. IDN Times/Istimewa

Alex menerangkan bahwa pelaku mengaku mencuri kabel di menara BTS dengan memotong menggunakan tang. Kabel dibawa ke rumah untuk dikupas, dan diambil tembaganya untuk dijual.

Pelaku kini ditahan di Polsek Rappocini untuk penyidikan lebih lanjut. Polisi menyita sejumlah barang bukti, antara lain dua tang, 23 kilogram kabel tembaga, sebilah pisau, dan satu obeng.

Alex mengatakan, penyidik masih akan menginterogasi tersangka untuk mendalami motif dan modus pencurian. "Pelaku mengaku pernah bekerja di sebuah vendor untuk perusahaan Telkomsel."

3. Pelaku ditembak karena berusaha lari

Polisi Tembak Spesialis Pencuri Kabel Menara BTS TelkomselPixabay.com

Pelaku RL ditangkap Timsus Polsek Rappocini dipimpin Iptu Nurtcahyana, dibantu Timsus Polda Sulsel yang dipimpin Ipda Artenius. Dari lokasi penangkapan, pelaku kemudian dibawa untuk menunjukkan lokasi pencurian kabel yang pernah dia lakukan.

Alex mengatakan, RL berupaya melarikan diri di tengah perjalanan. Dia meronta dan melepaskan diri dari kawalan polisi. Aparat mengeluarkan tembakan peringatan tiga kali namun pelaku tidak mengindahkan, sehingga ditembak di bagian kaki kanan. Pelaku sempat dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara.

Baca Juga: Mengenal 10 Kandidat Wali Kota Makassar, Siapa Jagoan Kamu?

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You