Polisi Musnahkan Granat Temuan Warga di Gowa

Granat diledakkan tim Jibom Gegana Brimob Polda Sulsel

Makassar, IDN Times - Sebuah granat nanas ditemukan warga di Desa Paraikatte, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Selasa (22/8/2023). Polisi yang menerima laporan kemudian memusnahkan granat itu agar tidak mencelakai warga.

"Granat nanas tersebut ditemukan oleh warga, tepatnya jalan tani yang ada di Desa Paraikatte, Dusun Te'ne Pamai, Kampung Te'bakang," kata Kapolsek Bajeng AKP Muhammad Aidil Aqsa dalam keterangannya, Rabu (23/8/2023).

Baca Juga: Petani di Gowa Tewas Dianiaya, Pelaku Diduga Gangguan Jiwa

1. Warga menemukan granat saat membersihkan kebun

Polisi Musnahkan Granat Temuan Warga di GowaIlustrasi Garis Polisi (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Granat ditemukan warga setempat bernama Sirajuddin Daeng Jaga. Saat itu dia tengah membersihkan perkebunannya.

Usai menemukan granat, Daeng Jaga menghubungi kerabatnya dan segera melapor ke polisi. "Saya langsung lihat benda itu, lalu kemudian saya telpon keluarga untuk melaporkan ke pihak berwajib,” ucapnya.

2. Granat dimusnahkan tim Jibom Brimob Polda Sulsel

Polisi Musnahkan Granat Temuan Warga di GowaILUSTRASI. Tim Gegana Polda Sulsel saat mengevakuasi mortir dari lingkungan warga di Kelurahan Lattupa, Kecamatan Mungkajang, Kota Palopo, Jumat (6/12). Dok. Istimewa

Granat temuan warga dimusnahkan pada hari yang sama. Pemusnahan oleh Tim Jibom Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Sulsel, dipimpin Kepala Desatesemen Kompol Rudy Mandaka. Pemusnahan turut disaksikan Kapolsek Bajeng dan Tim Inafis Satreskrim Polres Gowa bersama personel Polsek.

Kapolsek mengatakan granat diduga merupakan sisa peninggalan masa perang. Granat dimusnahkan dengan cara diledakkan sesuai prosedur agar tidak ada korban.

3. Segera melapor jika ada temuan serupa

Polisi Musnahkan Granat Temuan Warga di GowaIlustrasi temuan granat. Dok.IDN Times/istimewa

Kapolsek masyarakat mengimbau warga berhati-hati. Bagi yang menemukan granat dan benda semacamnya diminta segera melapor ke kepolisian setempat.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan aman dan lancar, kita imbau warga yang menemukan benda asing mirip bahan peledak lainnya agar segera melapor ke kepolisian terdekat guna menghindari hal yang tidak kita inginkan,” katanya.

Baca Juga: Lagi, Ayah di Gowa Perkosa Anak Kandung hingga Hamil

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya