PMI Gowa Sterilkan Kantor Pemerintah Jelang ASN Masuk kerja

PNS Gowa masuk kantor mulai 9 Juni

Makassar, IDN Times – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gowa mensterilkan semua kantor pemerintah dan layanan umum di daerahnya dengan penyemprotan disinfektan. Sterilisasi menjelang aparatur sipil negara (ASN) mulai masuk bekerja di kantor pada pekan depan.

Ketua PMI Gowa Abdul Rauf Malaganni mengatakan penyemprotan disinfekan untuk memastikan kantor pemerintah dan layanan umum bebas dari virus corona.

"Kita berharap semua bisa bekerja maksimal tanpa harus khawatir penyebaran dan penularan COVID-19," kata Rauf dikutip dari ANTARA, Rabu (3/6).

Baca Juga: Jenazah Istri Dicap PDP, Swab Negatif, Suami di Gowa Akan Menggugat

1. Sterilisasi juga direncanakan di skala provinsi

PMI Gowa Sterilkan Kantor Pemerintah Jelang ASN Masuk kerjaKetua PMI Gowa/Wakil Bupati Abdul Rauf Malaganni. ANTARA/HO

Rauf mengatakan, penyemprotan disinfektan diagendakan pada Sabtu (6/6) dan Minggu (7/6). PMI Gowa bekerja sama dengan PMI Sulawesi Selatan, yang juga berencana melakukan sterilisasi di daerah lain.

"Hasil video konferensi PMI Provinsi Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu bahwa kita akan melaksanakan penyemprotan secara massal di Sulsel. Berarti semua, salah satunya kita di Kabupaten Gowa," katanya.

2. Penyemprotan diutamakan pada kantor di zona merah

PMI Gowa Sterilkan Kantor Pemerintah Jelang ASN Masuk kerjaBupati Gowa Adnan Puritha Ichsan meninjau pelaksanaan PSBB di perbatasan Gowa-Makassar, Senin (4/5). Humas Pemkab Gowa

Rauf menyebut penyemprotan disinfektan secara massal akan difokuskan pada kantor-kantor pemerintahan dan rumah-rumah ibadah, terutama pada kecamatan yang masuk zona merah penyebaran COVID-19.

Penyemprotan, kata Abd Rauf, akan melibatkan seluruh relawan PMI yang ada di Kecamatan, Pemerintah Kecamatan, Desa dan Kelurahan, elemen dan organisasi kepemudaan maupun kemasyarakatan untuk ikut berpartisipasi.

"Tidak akan mungkin kita bisa menjangkau semua. Oleh karena itu, kita libatkan semua camat, desa dan lurah maupun relawan kecamatan,” katanya.

3. ASN masuk kantor dengan mengikuti protokol pencegahan COVID-19

PMI Gowa Sterilkan Kantor Pemerintah Jelang ASN Masuk kerjaIlustrasi PNS (ANTARA FOTO/Aprilio Akbar)

ASN di Kabupaten Gowa akan mulai berkantor pada Selasa (9/6) pekan depan. Para pegawai yang masuk bekerja diwajibkan mengikuti protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Muchlis mengatakan, setiap kantor harus menyediakan tempat cuci tangan menggunakan sabun. Pegawai wajib menggunakan masker wajah, mulai dari keluar sampai kembali ke rumah.

”Meskipun ASN mulai berkantor nantinya semua harus mengikuti protokol kesehatan covid agar bisa meminimalisir penularan, dengan cara dilakukan sistem pengaturan jarak atau physical distancing, semua kantor menyediakan tempat cuci tangan atau hand sanitizer dan wajib menggunakan masker,” katanya.

Kebijakan ASN kembali bekerja di kantor sejalan dengan pemerintah pusat mencanangkan new normal. Pertimbangan lain adalah Gowa dianggap sudah mengendalikan perkembangan kasus COVID-19, serta berhasil mengedukasi warga untuk menerapkan perilaku hidup sehat.

”Dengan kondisi seperti ini tentu yang kita harapkan dukungan warga, agar daerah kita bisa segera pulih dengan dimulai ASN masuk bekerja secara normal kembali,” ucap Muchlis.

Baca Juga: Sudah 120 Jenazah Dimakamkan di TPK COVID-19 Gowa Sulawesi Selatan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya