PLN Operasikan 4 Infrastruktur Listrik Baru di Sulsel

Infrastruktur listrik baru menunjang investasi pariwisata

Makassar, IDN Times - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi mulai mengoperasikan empat infrastuktur listrik baru di Sulawesi Selatan. Infrastruktur itu untuk memenuhi kebutuhan pasokan listrik pada kawasan pariwisata dan investasi baru.

"Pariwisata dan investasi akan terdukung dengan keberadaan empat infrastruktur kelistrikan ini," kata General Manager PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi Defiar Anis dalam keterangan persnya yang dikutip dari Antara, Kamis (3/2/2022).

Baca Juga: Disdag Sulsel: Stok Minyak Goreng di Gudang Masih Kosong

1. Empat infrastruktur listrik baru

PLN Operasikan 4 Infrastruktur Listrik Baru di SulselIlustrasi Listrik. (IDN Times/Arief Rahmat)

Anis mengatakan, PT PLN (Persero) memperkuat keandalan pasokan listrik lewat pengoperasian empat infrastruktur kelistrikan di Sulsel.

Keempat infrastruktur kelistrikan yaitu Gardu Induk (GI) 150 kiloVolt (kV) Tanete, GI 150 kV Lanna, GI 150 kV Sungguminasa (Extension) dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Sungguminasa – Lanna.

2. Dukungan listrik mendukung investasi di sektor pariwisata

PLN Operasikan 4 Infrastruktur Listrik Baru di SulselKasawan wisata Pantai Bira, Bulukumba. (Twitter.com/pesonaid_travel)

Anis mengatakan, pengoperasian empat infrastruktur kelistrikan itu merupakan bentuk komitmen PLN mendukung investasi, khususnya pada sektor pariwisata di wilayah tersebut.

"Beroperasinya infrastruktur ini akan memperkuat sistem kelistrikan, sehingga dapat mengembangkan potensi perekonomian melalui sektor pariwisata," ujar Anis.

Khusus GI 150kV Tanete memiliki kapasitas transformator sebesar 30 Mega Volt Ampere (MVA) yang bisa digunakan untuk melistriki lebih dari 18.000 pelanggan baru.

Dalam pembangunan GI 150kV Tanete menggunakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang mencapai persentase sebesar 66 persen, melebihi standar yg ditetapkan oleh pemerintah melalui peraturan Kementerian Perindustrian.

3. Pasokan listrik untuk wilayah Bira bertambah

PLN Operasikan 4 Infrastruktur Listrik Baru di SulselIlustrasi listrik (IDN Times/Arief Rahmat)

Pasokan listrik dari GI 150 kV Tanete akan menambah pasokan listrik yang disalurkan ke Kawasan Wisata Tanjung Bira, sehingga menjadi lebih andal.

Sebelumnya kawasan tersebut hanya dipasok dari GI Bulukumba. Diketahui, Kawasan Wisata Tanjung Bira memiliki banyak potensi pengembangan karena memiliki beberapa pantai yang indah, pengrajin pembuatan perahu Phinisi dan kerajinan tenun.

"Potensi pengembangan tersebut berhasil menarik sejumlah investor, hal ini terlihat dari pertumbuhan beban kelistrikan dan penambahan jumlah pelanggan di Kawasan Wisata Tanjung Bira,” papar Anis.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Pantai di Bulukumba, Gak Jauh dari Tanjung Bira

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya