Comscore Tracker

7 Destinasi Wisata Pantai di Bulukumba, Gak Jauh dari Tanjung Bira

Keindahan wisata di pesisir pantai Bulukumba memang juara

Jika berbicara tentang Kabupaten Bulukumba, maka hal pertama yang diingat adalah keindahan pantai-pantainya. Semua sepakat bahwa kawasan Pantai Tanjung Bira dan sekitarnya menawarkan pengalaman berlibur menarik. Apalagi kalau ternyata kamu senang ke pantai dan hobi bertualang.

Dari sekian banyak, IDN Times memilih tujuh pantai yang wajib kamu kunjungi saat vakansi ke wilayah Pantai Tanjung Bira di Bulukumba.

1. Pantai Tanjung Bira

7 Destinasi Wisata Pantai di Bulukumba, Gak Jauh dari Tanjung BiraSuasana Pantai Tanjung Bira, salah satu tempat wisata yang berada di wilayah Kabupaten Bulukumba. (Dok. Jumadil Awal - Instagram.com/jumadilawalphoto)

Alamat : Jl. Tanjung Bira, Desa Bira, Kec. Bonto Bahari

Tiket masuk :

  • Wisatawan domestik : Rp10.000 (Senin-Jumat), Rp15.000 (Sabtu, Minggu, hari libur)
  • Wisatawan asing : Rp20.000 (Senin-Jumat), Rp30.000 (Sabtu, Minggu, hari libur)

Membuka daftar ini tentu saja adalah Pantai Tanjung Bira. Berada di sebelah barat wilayah Desa Bira, namanya sudah kesohor di kalangan wisatawan lokal dan mancanegara. Pemandangan gradasi tiga warna pada pesisir jadi pembeda dengan sejumlah pantai lain di Bira.

Ada beberapa fasilitas yang disediakan pihak pengelola demi kenyamanan pengunjung. Mulai dari rumah makan, kamar mandi, penyewaan peralatan selam, banana boat hingga kapal motor yang siap mengantar penyelam ke diving spot, atau sekadar menikmati pemandangan laut.

Oh iya, di sekitar area Pantai Tanjung Bira juga terdapat puluhan tempat menginap yang bisa disesuaikan dengan bujet liburan. Mulai dari Rp250 ribu hingga Rp3 juta.

2. Tebing Apparalang

7 Destinasi Wisata Pantai di Bulukumba, Gak Jauh dari Tanjung BiraSuasana Tebing Apparalang, salah satu tempat wisata yang berada di wilayah Kabupaten Bulukumba. (Dok. Abriansyah - Instagram.com/sii_bungsuh)

Alamat : Desa Ara, Kec. Bonto Bahari

Tiket masuk : Rp20.000

Memandang pesisir Bira dari pinggir tebing batu? Kenapa tidak? Ada Tebing Apparalang yang siap memberimu pengalaman tersebut. Ketinggiannya dari permukaan laut antara 12 hingga 20 meter. Tapi jangan khawatir, sudah ada jalur titian khusus yang bisa dijalani pengunjung.

Selain menikmati laut dari ketinggian, terdapat spot cliff jumping bagi kamu yang senang memacu adrenin. Tapi kalau mau berenang santai juga bisa, kok. Oh iya, Tebing Apparalang cocok banget bagi penggemar fotografi atau kamu yang senang selfie.

Beberapa fasilitas yang disediakan pihak pengelola seperti gazebo, kamar mandi, toko suvenir hingga warung-warung makan.

3. Pantai Panrang Luhu

7 Destinasi Wisata Pantai di Bulukumba, Gak Jauh dari Tanjung BiraSuasana Pantai Panrang Luhu, salah satu tempat wisata yang berada di wilayah Kabupaten Bulukumba. (Dok. Muhammad Rizal Abhar - Instagram.com/mr.abhar)

Alamat : Desa Bira, Kec. Bonto Bahari

Pantai Panrang Luhu ini dikenal sebagai "bengkel" pembuatan perahu pinisi. Jika beruntung, pengunjung bisa menyaksikan sendiri terampilnya nelayan setempat membuat armada melaut tradisional tersebut dari dekat.

Dengan panjang mencapai sekitar 1 kilometer, sepanjang pesisir Pantai Panrang Luhu terdapat bebatuan karang yang bakal terlihat jelas saat laut sedang surut. Gak lupa, mata pengunjung dimanjakan dengan pemandangan pasir putih dan lepas.

Terdapat beberapa villa di area pantai, dengan harga sewa bervariasi mulai Rp200 ribu hingga Rp700 ribu per malam. Tapi bagi kamu yang lagu mode hemat, ada area kemah dengan biaya sewa cuma Rp30 ribu.

4. Pantai Marumasa

7 Destinasi Wisata Pantai di Bulukumba, Gak Jauh dari Tanjung BiraSuasana Pantai Marumasa, salah satu tempat wisata yang berada di wilayah Kabupaten Bulukumba. (Dok. Iswandy Daeng Kebo - Instagram.com/wanderta_qunya)

Alamat : Desa Darubiah, Kec. Bonto Bahari

Panjang pantainya cuma sekitar 200 meter, tapi Pantai Marumasa menggabungkan dua lanskap berbeda yakni pasir putih serta hamparan tebing batu di sisi kiri dan kanan. Suasana tenangnya bikin tempat ini cocok buat kamu yang nyari ketenangan.

Gak ada tiket masuk, lantaran Pantai Marumasa dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar. Tapi ada iuran sebesar Rp3 ribu per pengunjung, biaya parkir serta penyewaan properti foto di atas tebing.

Ada beberapa hal bisa dilakukan pengunjung di tempat yang baru kesohor pada tahun 2017 itu. Mulai dari sekadar jalan-jalan santai, menyelam hingga berkemah di area yang sudah disediakan.

5. Pantai Kasuso

7 Destinasi Wisata Pantai di Bulukumba, Gak Jauh dari Tanjung BiraSuasana Pantai Kasuso, salah satu tempat wisata yang berada di wilayah Kabupaten Bulukumba. (Dok. Itha Yunita Sari - Instagram.com/itayunita93)

Alamat : Desa Darubiah, Kec. Bonto Bahari

Cuma 15 menit perjalanan ke arah utara dari Pantai Marumasa, terdapat Pantai Kasuso yang gak kalah indahnya. Ciri khasnya adalah sebuah karang gantung bernama Batu Taha, dengan jarak cuma 10 meter dari bibir pantai.

Pantai Kasuso sendiri termasuk "hidden gem" karena jalan aksesnya yang berkelok, sempit dan curam lantaran harus menuruni bukit. Tapi, perjuangan sepanjang perjalanan bakal dibayar lunas dengan pemandangan lepas pantai dan barisan pepohohan kelapa.

Gak ada tiket masuk atau biaya parkir. Satu-satunya pengeluaran dalam bentuk uang adalah saat menggunakan toilet, yakni antara Rp2 ribu hingga Rp5 ribu.

6. Pantai Mandala Ria

7 Destinasi Wisata Pantai di Bulukumba, Gak Jauh dari Tanjung BiraSuasana Pantai Mandala Ria, salah satu tempat wisata yang berada di wilayah Kabupaten Bulukumba. (Dok. Muhammad Rasywan R. - Instagram.com/muhrasywan)

Alamat : Desa Ara, Kec. Bonto Bahari

Tiket masuk : Rp10.000

Dari Pantai Kasuso, kita bergeser sekitar 13 kilometer perjalanan ke arah utara. Di titik tersebut terdapat Pantai Mandala Ria yang terletak di area yang cukup tersembunyi. Karena itu, gak heran suasananya relatif sepi. Berasa pantai milik sendiri!

Oh iya, nama "Mandala" ini berasal dari nama kode Operasi Pembebasan Irian Barat tahun 1961-62. Menurut cerita, puluhan kapal TNI Angkatan Laut yang terlibat dalam operasi militer itu sempat ngaso di daerah lepas pantai ini sebelum melanjutkan perjalanan ke timur.

Akses menuju Pantai Mandala Ria sendiri terbilang menantang. Pengunjung harus melalui jalan berbatu sepanjang dua kilometer dari pemukiman penduduk.

Beberapa fasilitas yang tersedia ada sejumlah gazebo untuk santai serta warung makanan. Oh iya, Pantai Mandala Ria juga cocok banget jadi tempat berburu foto loh.

Baca Juga: Pemprov Dorong Bira jadi Destinasi Wisata Kelas Dunia

7. Pantai Bara

7 Destinasi Wisata Pantai di Bulukumba, Gak Jauh dari Tanjung BiraSuasana Pantai Bara, salah satu tempat wisata yang berada di wilayah Kabupaten Bulukumba. (Dok. Wardie - Instagram.com/warrdie)

Alamat : Desa Bira, Kec. Bonto Bahari

Tiket masuk : Rp10.000 (wisatawan domestik), Rp20.000 (wisatawan asing)

Pantai Tanjung Bira dan Pantai Bara sebenarnya berada dalam satu garis pantai yang sama. Karena itu, kedua spot andalan turis itu disebut "kembar" lantaran memiliki pemandangan pantai relatif identik. Tapi, suasana di Bara lebih tenang lantaran belum dipenuhi banyak bangunan.

Cuma berjarak sekitar satu kilometer arah utara Pantai Tanjung Bira, pantai ini menawarkan kombinasi pemandangan tebing batu dan vibes pesisir yang lebih otentik. Karena pertimbangan tersebut, banyak wisatawan kini lebih memilih menginap di resort sekitar Bara.

Nah, untuk masalah penginapan, kamu bisa menyesuaikan dengan anggaranmu. Kisarannya antara Rp300 ribu hingga Rp1,2 juta per malam. Kalau pengin yang irit banget, ada juga camping ground.

Nah, itu dia deretan tempat wisata paling menarik di Kabupaten Bulukumba, gak hanya keindahan pantai di Tanjung Bira, sejumlah spot menarik lainnya juara banget.

Baca Juga: Wisata Irit ke Bira? Ini Daftar 6 Hotel Terjangkau yang Bisa Kamu Coba

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya