Peta Kekuatan Caleg DPR RI Dapil Sulsel I, Tujuh Petahana Maju Lagi

Elite parpol hingga istri kepala daerah turut bersaing

Makassar, IDN Times - KPU RI sudah mengumumkan daftar calon tetap (DCT) Pemilu 2024. Untuk Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI terdaapat menetapkan 9.917 calon, sedangkan untuk Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI 668 calon.

Untuk wilayah Sulawesi Selatan, KPU menetapkan 406 calon anggota DPR RI. Calon terbagi 137 untuk Daerah Pemilihan Sulsel I, 148 untuk Sulsel 2, dan 123 pada Sulsel 3. Untuk DPD, KPU menetapkan 18 calon asal Sulsel.

Untuk Dapil Sulsel I, daftar caleg dihuni sejumlah tokoh elite parpol, eks kepala daerah, hingga istri-istri pejabat maupun eks pejabat. Para calon dari 18 partai politik berebut tiket ke Senayan untuk periode 2024-2029.

Baca Juga: Kenali Calonmu, Ini Cara Cek DCT Anggota DPD dan DPR RI asal Sulsel

1. Tujuh petahana kembali bertarung

Peta Kekuatan Caleg DPR RI Dapil Sulsel I, Tujuh Petahana Maju Lagi(IDN Times/Sukma Shakti)

Sejak tahuun 2009, Dapil Sulsel I diwakili delapan anggota DPR RI. Dapil ini terdiri dari Kota Makassar dan lima kabupaten di wilayah barat daya Sulsel, yaitu Bantaeng, Gowa, Jeneponto, Takalar, dan Kepulauan Selayar. Pada Pemilu 2019, delapan parpol mengirimkan masing-masing satu wakilnya dari Dapil Sulsel I.

Delapan petahana DPR RI dari Dapil Sulsel I, antara lain, Haruna (PKB), Azikin Solthan (Gerindra), Andi Ridwan Wittiri (PDIP), Hamka B. Kady (Golkar), Amir Uskara (PPP), Ashabul Kahfi (PAN), Aliyah Mustika Ilham (Demokrat), dan Indira Chunda Thita (NasDem). Nama terakhir menggantikan Rapsel Ali yang meninggal pada tahun 2023.

Dari delapan petahana, hanya satu yang tidak mencalonkan kembali pada Pemilu 2024, yaitu Indira Chunda Thita. Tujuh lainnya kembali bersaing memperebutkan suara terbanyak.

2. Peta persaingan caleg di Dapil Sulsel I

Peta Kekuatan Caleg DPR RI Dapil Sulsel I, Tujuh Petahana Maju LagiIDN Times/Sukma Shakti

Para petahana di Dapil Sulsel I akan bersaing ketat dengan para calon. Sebab di antara para calon terdapat banyak nama populer dan memiliki riwayat di peta politik Sulsel.

Di PKB, terdapat nama eks Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal serta eks Rektor Universtitas Muslim Indonesia (UMI) Masrurah Mokhtar. Juga ada Bahar Ngitung, politikus senior yang dua periode duduk di Dewan Perwakilan Daerah (DPD) mewakili Sulsel. Di PDIP, Wakil Ketua DPRD Sulsel Rudy Pieter Goni jadi penantang.

Ketatnya persaingan juga terlihat di daftar caleg Partai Golkar. Selain Hamka B. Kady, ada istri Bupati Jeneponto Iksan Iskandar, Hamsiah Iksan; istri eks Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Liestiaty Fachruddin. Ada juga eks Ketua DPRD Makassar Farouk M. Betta dan anggota DPD RI Ajiep Padindang.

Di NasDem, eks Wawali Makassar Fatmawati Rusdi berada satu dapil dengan Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo. Di partai ini juga ada saudara Syahrul Yasin Limpo, Tenri Olle Yasin Limpo.

Eks Bupati Takalar Syamsari Kitta turut menghuni daftar caleg Partai Gelora. Lalu ada eks Ketua KPU RI Andi Nurpati di Partai Demokrat. Di daftar caleg PPP, anggota DPRD Sulsel Imam Fauzan akan menjadi penantang sang ayah yang juga petahana, Amir Uskara.

3. Cara cek DCT Anggota DPR RI asal Sulsel I

Peta Kekuatan Caleg DPR RI Dapil Sulsel I, Tujuh Petahana Maju LagiIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Daftar nama DCT anggota DPR RI dan DPD RI sudah bisa mulai diakses publik di laman resmi KPU, sejak Sabtu, 4 November 2023. Bagi kamu yang ingin mengenali calon wakil rakyat di daerahmu, berikut ini cara mengecek DCT anggota DPR RI dan DPD RI asal Sulawesi Selatan.

Untuk mengecek DCT Anggota Anggota DPR RI pada Pemilu 2024, kamu bisa mengakses laman resmi KPU RI pada alamat: infopemilu.kpu.go.id. Laman tersebut berisi berbagai informasi seputar Pemilu 2024, dari jadwal, berbagai aturan, hingga sarana mengecek data pemilih.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka laman resmi KPU RI pada alamat https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Dct_dpr.
  • Klik kolom "Pilih Dapil" lalu pilih provinsi yang ingin dicek, yaitu Sulsel I.
  • daerah pemilihan Sulsel I, Sulsel II, dan Sulsel III.
  • Tunggu sampai data calon legislatif dari setiap partai politik muncul.
  • Klik profil anggota calon yang ingin kamu ketahui lebih lanjut.

Baca Juga: 13 Daerah di Sulsel Teken NPHD Pemilu 2024 dengan KPU dan Bawaslu

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya