13 Daerah di Sulsel Teken NPHD Pemilu 2024 dengan KPU dan Bawaslu

Sebelas daerah lain menyusul sebelum 10 November

Makassar, IDN Times - Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin menyebut pemerintah daerah 13 kabupaten/kota sudah meneken Naskah Perjanjian HIbah Daerah (NPHD) penyelenggaraan Pemilu 2024 dengan KPU dan Bawaslu.

Pemerintah Kabupaten Pinrang jadi daerah ke-13 yang meneken NPHD. Penandatanganannya disaksikan Bahtiar di Ruang Pola Kantor Bupati Pinrang, Kamis (2/11/2023).

"Saya atas nama masyarakat sekaligus wakil Pemerintah Pusat di daerah, mengucapkan terima kasih Pak Bupati dan jajaran, DPRD serta Bawaslu dan KPU, kawan-kawan Forkopimda lainnya, sudah menjalankan arahan dan perintah konstitusi untuk menjalankan NPHD untuk Pilkada 2024," kata Bahtiar dalam keterangan yang dikutip, Jumat (3/11/2023).

Baca Juga: Pj Gubernur Sulsel Jamin Anggaran KPU untuk Pilkada 2024

1. Daerah lain menyusul sebelum 10 November 2023

13 Daerah di Sulsel Teken NPHD Pemilu 2024 dengan KPU dan BawasluPj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin saat ditemui di kantor gubernur, Rabu (6/9/2023). IDN Times/Asrhawi Muin

Bahtiar mengatakan, sebelas daerah lainnya di Sulsel juga segera menyusul. Dia berharap urusan NPHD selesai sebelum 10 November 2023.

"Karena mungkin APBD Perubahan ada evaluasinya. Sebagian sudah, Sidrap misalnya sudah selesai, tinggal penandatanganan," ujarnya.

2. Pinrang siap menyambut Pemilu 2024

13 Daerah di Sulsel Teken NPHD Pemilu 2024 dengan KPU dan BawasluPenandatanganan NPHD anggaran Pemilu 2024 antara Pemkab Pinrang dengan KPU dan Bawaslu setempat. (Dok. Humas Pemprov Sulsel)

Jelang Pemilu 2024, Bupati Pinrang Irwan Hamid menyebut daerahnya siap menyambut Pemilu 2024. Pinrang selama ini selalu kondusif saat pemilu, dan hal itu tak terlepas dari kedewasaan masyarakat menerima perbedaan pilihan. Irwan juga memuji sinergi yang terjalin baik antara Pemkab dengan unsur Forkopimda.

"Kami tentunya berharap, hal ini dapat berlanjut pada pelaksanaan Pemilu, Pilpres dan Pilkada pada tahun 2024," kata Irwan Hamid.

3. Pj Gubernur jamin anggaran Pilkada 2024

13 Daerah di Sulsel Teken NPHD Pemilu 2024 dengan KPU dan BawasluIlustrasi Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelumnya Bahtiar Baharuddin menegaskan komitmennya mendukung penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024. Dukungan terutama dalam hal penyediaan anggaran penyelenggaraan.

Hal itu disampaikan Bahtiar saat mengunjungi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel, di Jalan AP Pettarani Makassar, Selasa (12/9/2023). Pj Gubernur disambut Ketua KPU Sulsel Hasbullah serta jajaran komisioner.

"Jadi sesuai delapan program prioritas yang telah dicanangkan, pada poin satu telah ditekankan untuk turut menyukseskan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 berlangsung secara luber, jurdil, lancar, aman dan damai terlebih khusus memastikan ketersediaan anggaran," kata Bahtiar.

Bahtiar mengatakan, jaminan anggaran untuk penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak 2023 selaras dengan tugas pokok yang diamanahkan oleh Presiden Joko Widodo. Hal itu diamanahkan kepada Pj Gubernur melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Olehnya itu, selain dari sisi anggaran kami mesti memastikan sarana dan prasarana dan sumber daya manusia (SDM) penyelenggara pemilu," ungkap Bahtiar.

Lebih lanjut, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri ini mengatakan, sehari sebelum kunjungan ke KPU Sulsel, pihaknya telah berkoordinasi dengan kepala daerah se-Sulsel. "Saya telah berkordinasi dengan Bawaslu, Wali Kota maupun Bupati untuk membahas soal penyelenggaraan Pemilu," dia menambahkan.

Baca Juga: Bahtiar: Dana Desa Bisa Mencegah Migrasi ke Kota

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya