Pj Gubernur Sulsel Jamin Anggaran KPU untuk Pilkada 2024

Penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada 2024 jadi prioritas

Makassar, IDN Times - Pejabat Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin menegaskan komitmennya mendukung penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024. Dukungan terutama dalam hal penyediaan anggaran penyelenggaraan.

Hal itu disampaikan Bahtiar saat mengunjungi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel, di Jalan AP Pettarani Makassar, Selasa (12/9/2023). Pj Gubernur disambut Ketua KPU Sulsel Hasbullah serta jajaran komisioner.

"Jadi sesuai delapan program prioritas yang telah dicanangkan, pada poin satu telah ditekankan untuk turut menyukseskan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 berlangsung secara luber, jurdil, lancar, aman dan damai terlebih khusus memastikan ketersediaan anggaran," kata Bahtiar.

Baca Juga: Bawaslu Sulsel Ingatkan Mahasiswa Bahaya Hoaks dan Isu SARA di Pemilu

1. Penyediaan anggaran selaras dengan amanah Presiden Jokowi

Pj Gubernur Sulsel Jamin Anggaran KPU untuk Pilkada 2024Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Bahtiar mengatakan, jaminan anggaran untuk penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak 2023 selaras dengan tugas pokok yang diamanahkan oleh Presiden Joko Widodo. Hal itu diamanahkan kepada Pj Gubernur melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

"Olehnya itu, selain dari sisi anggaran kami mesti memastikan sarana dan prasarana dan sumber daya manusia (SDM) penyelenggara pemilu," ungkap Bahtiar.

Lebih lanjut, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri ini mengatakan, sehari sebelum kunjungan ke KPU Sulsel, pihaknya telah berkoordinasi dengan kepala daerah se-Sulsel. "Saya telah berkordinasi dengan Bawaslu, Wali Kota maupun Bupati untuk membahas soal penyelenggaraan Pemilu," dia menambahkan.

2. Pemilu dan Pilkada jadi prioritas Pj Gubernur

Pj Gubernur Sulsel Jamin Anggaran KPU untuk Pilkada 2024Dirjen Pol dan PUM Kemendagri Bahtiar Baharuddin (Dok.Kemendagri)

Sebelumnya Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menyatakan langsung tancap gas menjalankan tugasnya. Dia menyebut akan fokus pada beberapa hal sebagai prioritas utama.

Hal pertama yaitu, Bahtiar memastikan pengawalan Pemilu 2024. Terlebih lagi, pelaksanaan pemilu dan pilpres juga kian dekat. Tanggal 10 Oktober sudah masuk tahap pendaftaran pilpres dan tanggal 3 November penetapan DCT.

"Saya harus pastikan kesiapan daripada penyelanggara pemilu baik KPU, Bawaslu dan instasi terkait yang mendukung sukses pemilu itu harus kita pastikan sudah siap, siap dari sisi SDM, alat, yang dan seterusnya," kata Bahtiar yang ditemui di Kantor Gubernur, Rabu (6/9/2023).

elanjutnya, dia juga memastikan kesiapan Pilkada Serentak 2024. Tahun ini, kata dia, anggaran sudah disiapkan untuk tahapan Pilkada Serentak yang dimulai bulan Desember 2024.

"Kalau di UU yang tersedia jadi harus siap anggarannya tahun ini berapa tahun depan berapa. Kan tahun depan pertama kali serentak," katanya.

3. KPU Sulsel rancang kebutuhan anggaran pilkada Rp408 miliar

Pj Gubernur Sulsel Jamin Anggaran KPU untuk Pilkada 2024Plang nama di kantor KPU Sulawesi Selatan (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

KPU Makassar telah merancang kebutuhan anggaran Rp408 miliar untuk Pemilihan Gubernur 2024. Angka itu merupakan hasil revisi terhadap kebutuhan dan kini menunggu persetujuan Pemerintah Provinsi.

Usulan anggaran sebesar Rp408 miliar akan digunakan untuk berbagai biaya sesuai kebutuhan pada tahapan Pilkada. Seperti kehormatan badan Ad hoc yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), logistik hingga sengketa Pilkada jika ada proses hukum.

Baca Juga: KPU Sulsel Siap Sosialisasikan Aturan Boleh Kampanye di Kampus

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya