Kenali Calonmu, Ini Cara Cek DCT Anggota DPD dan DPR RI asal Sulsel

Daftar calon Anggota DPR dan DPD bisa diakses publik

Makassar, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilu 2024. KPU menetapkan 9.917 calon untuk Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan 668 calon untuk Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Penetapan DCT diumumkan melalui konferensi pers oleh Ketua KPU Hasyim Asy'ari, di Media Centre KPU, Jumat (3/11/2023).

“Berdasarkan PKPU 10/2023 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota dan PKPU 11/2023 tentang Pencalonan Perseorangan Peserta Pemilu Anggota DPD, KPU menyusun dan menetapkan DCT pada 3 November 2023,” ujar Hasyim.

Untuk wilayah Sulawesi Selatan, KPU menetapkan 406 calon anggota DPR RI. Calon terbagi 137 untuk Daerah Pemilihan Sulsel I, 148 untuk Sulsel 2, dan 123 pada Sulsel 3. Untuk DPD, KPU menetapkan 18 calon asal Sulsel.

Daftar nama DCT anggota DPR RI dan DPD RI sudah bisa mulai diakses publik di laman resmi KPU, sejak Sabtu, 4 November 2023. Bagi kamu yang ingin mengenali calon wakil rakyat di daerahmu, berikut ini cara mengecek DCT anggota DPR RI dan DPD RI asal Sulawesi Selatan.

Baca Juga: KPU Tetapkan 749 Caleg yang Bakal Berebut 50 Kursi DPRD Makassar

1. Cara cek DCT Anggota DPR RI asal Sulsel

Kenali Calonmu, Ini Cara Cek DCT Anggota DPD dan DPR RI asal Sulsel(IDN Times/Sukma Shakti)

Untuk mengecek DCT Anggota Anggota DPR RI pada Pemilu 2024, kamu bisa mengakses laman resmi KPU RI pada alamat: infopemilu.kpu.go.id. Laman tersebut berisi berbagai informasi seputar Pemilu 2024, dari jadwal, berbagai aturan, hingga sarana mengecek data pemilih.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka laman resmi KPU RI pada alamat https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Dct_dpr.
  • Klik kolom "Pilih Dapil" lalu pilih provinsi yang ingin dicek. Untuk Sulsel, terdapat daerah pemilihan Sulsel I, Sulsel II, dan Sulsel III.
  • Tunggu sampai data calon legislatif dari setiap partai politik muncul.
  • Klik profil anggota calon yang ingin kamu ketahui lebih lanjut.

2. Cara cek DCT Anggota DPD asal Sulsel

Kenali Calonmu, Ini Cara Cek DCT Anggota DPD dan DPR RI asal SulselGedung MPR DPR RI (IDN Times/Marisa Safitri)

Pemilu 2024 juga jadi ajang pemilihan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Dari setiap provinsi akan dipilih empat anggota DPD. Untuk tahun depan, ada 18 calon masuk DCT Anggota DPD RI asal Sulsel.

Untuk mengecek daftar calon anggota DPD RI, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka laman resmi KPU RI pada alamat https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Dct_dpd.
  • Klik kolom "Pilih Nama Wialyah" lalu pilih provinsi yang ingin dicek, dalam hal ini Sulawesi Selatan.
  • Tunggu sampai data identitas dan foto calon muncul.
    Klik profil anggota calon yang ingin kamu ketahui lebih lanjut.

3. Cara cek DCT anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota

Kenali Calonmu, Ini Cara Cek DCT Anggota DPD dan DPR RI asal SulselPlang nama di kantor KPU Sulawesi Selatan (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

KPU mengumumkan penetapan DCT Pemilu 2024 setiap tingkatan. Penetapan dan pengumuman KPU Provinsi dilakukan DPRD Provinsi, sedangkan untuk DPRD Kabupaten/Kota, pengumuman dan penetapan dilakukan KPU Kabupaten/Kota.

Untuk mengecek DCT anggota DPRD Provinsi atau Kabupaten/Kota, kamu bisa mengakses laman resmi KPU di masing-masing daerah. KPU menyediakan informasi DCT yang bisa diakses publik. Untuk DCT DPRD Sulsel, kamu bisa mengakesnya pada laman sulsel.kpu.go.id.

Baca Juga: KPU Makassar Terima Kiriman 20.050 Kotak Suara Pemilu

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya