Comscore Tracker

Pesawat Sriwijaya Air Tujuan Surabaya Mengalami Gangguan Mesin

Sebanyak 177 penumpang dievakuasi dengan selamat

Makassar, IDN Times - Pesawat Sriwijaya Air nomor penerbangan SJ567 mengalami gangguan mesin saat terbang dari Makassar menuju Surabaya, Jumat malam (30/9/2022). Pesawat itu akhirnya kembali mendarat di Makassar.

Informasi itu disampaikan Kepala Kantor Basarnas Sulawesi Selatan Djunaidi. Pihaknya menerima informasi dari Unit kerja Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Tidak ada korban dalam kejadian itu.

"Pesawat SJ567 dari Makassar ke Surabaya mengalami gangguan engine di sebelah kiri. Pesawat tersebut meminta unsur terkait untuk kembali ke Makassar dan landing dengan baik," kata Djunaidi dalam keterangannya yang diterima, Sabtu (1/10/2022).

Baca Juga: Jokowi Batal ke Makassar, Musra II Ditunda

1. Tim SAR ikut evakuasi penumpang turun dari pesawat

Pesawat Sriwijaya Air Tujuan Surabaya Mengalami Gangguan MesinKepala Basarnas Sulsel Djunaidi. Dok. Basarnas Sulsel

Djunaidi mengatakan, pihaknya menerima informasi pada pukul 20.39 Wita. Tim SAR langsung menuju ke pesawat dan mengevakuasi 177 penumpang dan kru.

Djunaidi tidak mengetahui pasti masalah mesin yang dialami pesawat. Dia menyebut pesawat mendarat dengan baik.

2. Pesawat putar balik di atas Laut Jawa

Pesawat Sriwijaya Air Tujuan Surabaya Mengalami Gangguan MesinRekaman perjalanan pesawat Sriwijaya Air SJ567 tujuan Makassar-Surabaya yang mengalami masalah mesin, Jumat malam (30/9/2022). (flightradar24.com)

Menurut laman informasi penerbangan Flight Radar 24, pesawat SJ567 lepas landas dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pukul 19.42 Wita. Namun pesawat itu putar balik di tengah perjalanan, tepatnya di atas Laut Jawa. Pesawat itu akhirnya mendarat dengan status divert.

"Informasi dari penumpang, (putar balik) di atas (Kepulauan) Masalembo. Dan bisa landing dengan selamat," kata Djunaidi.

3. Pesawat mendarat dengan selamat

Pesawat Sriwijaya Air Tujuan Surabaya Mengalami Gangguan MesinIlustrasi Pesawat. (IDN Times/Arief Rahmat)

Djunaidi menyatakan pilot pesawat berhasil mendaratkan pesawat dengan selamat. Dia menyebut itu buah koordinasi yang baik antara pesawat, maskapai, serta otoritas di bandara. 

Basarnas yang ikut mengevakuasi para penumpang turun dari pesawat, menutup operasi pada pukul 23.45 Wita. "Semua korban selamat, tidak ada kejadian apa-apa," ucapnya.

Baca Juga: Tugu Stop Knalpot Bising, Kampanye Berantas Motor Brong di Makassar

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya