Peringatan Dini BMKG: Waspadai Hujan Lebat di Sulsel 3 Hari ke Depan

Waspadai potensi rob di daerah pesisir barat

Makassar, IDN Times - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem untuk wilayah Sulawesi Selatan. Hujan dengan intensitas lebat berpotensi terjadi di sejumlah daerah tiga hari ke depan, antara 23 hingga 25 Desember 2022.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV Makassar Kamal mengatakan, indikasi potensi peningkatan curah hujan di wilayah Sulsel ditunjukkan oleh pemantauan dinamika atmosfer terkini.

Peringatan dini untuk kota atau kabupaten Pinrang, Parepare, Soppeng, Barru, Pangkajene dan Kepulauan, Maros, Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, dan Kepulauan Selayar," kata Kamal lewat siaran persnya yang dikutip, Kamis (22/12/2022).

Baca Juga: Penumpang Kapal di Pelabuhan Makassar Diprediksi Meningkat saat Nataru

1. Berpotensi banjir rob di pesisir

Peringatan Dini BMKG: Waspadai Hujan Lebat di Sulsel 3 Hari ke DepanIlustrasi rob. ANTARA FOTO/Amirullah

Menurut monitoring BMKG, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Sulsel bagian barat. Meliputi kabupaten/kota Pinrang, Parepare, Barru, Pangkajene dan Kepulauan, Maros, Makassar, dan Takalar. Lalu wilayah Sulsel bagian tengah meliputi Kabupaten Soppeng dan Gowa, serta wilayah Sulsel bagian selatan meliputi Kabupaten Jeneponto dan Kepulauan Selayar. Curah hujan tinggi kemungkinan disertai potensi angin kencang di pesisir barat dan selatan Sulsel.

Analisis model cuaca, demikian kata Kamal, menunjukkan kelembapan udara lapisan atas hingga ketinggian 500 mb dalam kondisi basah (70-100 persen). Selanjutnya diperkirakan terjadi perlambatan arus angin (konfluensi) di Selat Makassar bagian selatan menyebabkan penumpukan massa udara yang mendukung pertumbuhan awan hujan dan bergerak ke wilayah Sulsel. 

"Terdapat kemungkinan potensi banjir rob di pesisir barat Sulawesi Selatan karena bertepatan dengan fase pasang maksimum," ucap Kamal.

2. Waspadai gelombang tinggi hingga enam meter

Peringatan Dini BMKG: Waspadai Hujan Lebat di Sulsel 3 Hari ke DepanIlustrasi gelombang tinggi (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

BMKG mengimbau masyarakat mewaspadai gelombang tinggi di perairan sekitar Sulsel. Gelombang dengan kategori sedang setinggi 1,25 hingga 2,5 meter berpotensi terjadi di Perairan Spermonde Pangkep, Spermonde Makassar, Teluk Bone bagian Utara, Laut Flores bagian Utara, dan Laut Flores bagian Timur. 

Gelombang dengan kategori tinggi (2,5 hingga 4 meter) terjadi di Perairan Parepare, Perairan Spermonde Pangkep bagian Barat, Perairan Spermonde Makassar Bagian Barat, Teluk Bone bagian Selatan, Perairan Pulau Bonerate dan Pulau Kalaotoa bagian Utara, serta Perairan Pulau Bonerate dan Pulau Kalaotoa bagian Selatan.

Gelombang dengan kategori sangat tinggi, 4 hingga 6 meter, bisa terjadi di Selat Makassar bagian Selatan, perairan Barat Kepulauan Selayar, perairan Kepulauan Sabalana, perairan Timur Kepulauan Selayar, dan Laut Flores bagian Barat.

3. Masyarakat diingatkan siaga potensi bencana

Peringatan Dini BMKG: Waspadai Hujan Lebat di Sulsel 3 Hari ke DepanIlustrasi Hujan. IDN Times/Sukma Shakti

Menyikapi kondisi potensi cuaca ekstrem, BMKG berharap pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana hidrometeorologi. Dampak tersebut antara lain genangan, banjir bandang, rob, tanah longsor, angin kencang, dan pohon tumbang. Cuaca ekstrem juga bisa menyebabkan keterlambatan jadwal penerbangan dan pelayaran.

"Masyarakat diharapkan selalu mengiktui informasi dari BMKG serta instansi terkait untuk memastikan mitigas bincana hidrometeorologi dapat dilakukan dengan baik," kata Kamal.

Baca Juga: Ada Tiga Opsi KPU soal Penataan Dapil di Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya