Makassar Jajaki Kerja Sama Kota Kembar dengan Gold Coast Australia

Kedua kota sama-sama berada di kawasan pesisir

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan menjajaki kerja sama kota kembar atau sister city dengan Pemerintah Gold Coast, Queensland, Australia. Ke depan, kedua kota yang sama-sama berada di kawasan pesisir akan menjalin hubungan budaya dan kontak sosial antarpenduduk.

Penjajakan kerja sama diwujudkan lewat penandatanganan surat penyataan minat (LoI) oleh Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto, bersama Wali Kota Gold Coast Tom Tate. Agenda tersebut di sela kegiatan Forum Pariwisata Australia - Indonesia Timur yang digelar di Makassar, 3-4 Maret 2018.

“Semoga kerja sama ini menjadikan Kota Makassar semakin maju,” kata Ramdhan Pomanto di Makassar, Selasa (5/3).

Baca Juga: Awal Tahun 2019, Wisman di Makassar Didominasi Warga Negeri Jiran

1. Makassar ikuti jejak Taipei dan Dubai

Makassar Jajaki Kerja Sama Kota Kembar dengan Gold Coast AustraliaIDN Times / Aan Pranata

Danny -sapaan Ramdhan Pomanto- mengungkapkan, masyarakat Makassar patut berbangga. Sebab Gold Coast yang terkenal sebagai destinasi pariwisata kelas dunia, ingin menjalin hubungan kerja sama dengan ibu kota Sulsel.

Sebelumnya, Gold Coast yang berada di kawasan pantai timur Australia telah lebih dulu menjalin hubungan sister city dengan Taipei, ibu kota Republik Tiongkok; serta Dubai, ibu kota Uni Emirat Arab. Sedangkan Makassar jadi yang ketiga, sekaligus satu-satunya yang bukan ibu kota negara.

Danny mengungkapkan, ke depan Makassar dan Gold Coast berencana mencakup empat ruang lingkup kerja sama. Masing-masing di bidang pariwisata, pengembangan sumber daya manusia, pengelolaan limbah, dan UMKM.

“Jadi nanti ada pertukaran pelajar dan Waste to Energi. Saya juga ingin belajar mengenai tata kelola pantainya karena Gold Coast mendapatkan pendapatan yang luar biasa dari salah satu pantainya yang terbaik di dunia,” ucapnya.

2. Makassar belajar ciptakan destinasi kelas dunia

Makassar Jajaki Kerja Sama Kota Kembar dengan Gold Coast Australiainstagram.com/ekzha90

Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar Kamelia Thamrin Tantu mengatakan, Australia telah menunjukkan minat untuk membantu pengembangan pariwisata berkelanjutan di Indonesia bagian timur. Gold Coast, dalam hal ini membantu Makassar karena geografi kedua kota yang mirip, karena berada di tepian air.

Pemerintah Gold Coast, Kamelia menerangkan, bakal membagi pengalaman agar Makassar dapat menciptakan serta mengelola pantai menjadi kawasan pariwisata kelas dunia. Pembenahan destinasi yang representatif sesuai standar dunia, diyakini akan mendongkrak lebih banyak jumlah kunjungan.

Selain destinasi, SDM pengelolaan pariwisata di Makassar juga akan dikembangkan sesuai pengalaman Gold Coast. “Mereka kerja sama dengan Makassar untuk pertukaran pelajar, sehingga ada pengembangan SDM untuk mendukung pengembangan pariwisata,” kata Kamelia.

3. Wali Kota Gold Coast ungkap alasan kotanya selalu dirindukan turis

Makassar Jajaki Kerja Sama Kota Kembar dengan Gold Coast Australiainstagram.com/goldcoast

Pada Forum Pariwisata Australia - Indonesia Timur, Senin (4/3), Konsulat Jenderal Australia di Makassar menghadirkan Tom Tate, Wali Kota Gold Coast, Queensland, Australia, sebagai salah satu pembicara. Di hadapan pegiat pariwisata se-Indonesia timur, Tom menceritakan kesuksesan kotanya menjadi tujuan wisata kelas dunia.

Gold Coast, kata Tom, berpenduduk 487 ribu lebih jiwa. Namun, kota itu mampu mendatangkan 30 juta wisatawan setiap tahun. Tom mengatakan, setidaknya ada tiga poin utama mengapa Gold Coast jadi favorit bagi wisatawan. Pertama, karena mereka mampu menawarkan kepada dunia berbagai destinasi menarik. Salah satu yang paling digemari yakni keindahan pantainya.

Kedua, menurut Tom, warga Gold Coast sangat ramah dan terbuka menyambut pengunjung. Dan yang terakhir, kota mampu menciptakan ciri khasnya sendiri, sembari terus membangun berbagai atraksi yang membuat orang tertarik datang.

“Karena itu, kami mengibaratkan wisatawan yang datang seperti bumerang. Kalau dilempar, mereka akan kembali lagi. Orang yang pulang dari Gold Coast pasti ingin datang kembali,” ucapnya.

Baca Juga: Upah Melipat Surat Suara Pilpres di Makassar Rp75 per Lembar

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya