Awal Tahun 2019, Wisman di Makassar Didominasi Warga Negeri Jiran

Berdasarkan data BPS selama Januari 2019

Makassar, IDN Times - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, 839 wisatawan mancanegara masuk melalui Makassar, Sulawesi Selatan, selama Januari 2019. Lebih dari setengah atau 575 orang berasal dari negara tetangga, Malaysia.

Dibandingkan periode yang sama di awal tahun sebelumnya, jumlah wisatawan asal Malaysia meningkat. Pada Januari 2018, jumlahnya mencapai 499 kunjungan. 

“Jumlah wisatawan asal Malaysia pada Januari 2019 meningkat drastis dibandingkan pada akhir tahun. Di Desember 2018, jumlahnya hanya 20,” kata Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Sulsel, Akmal, melalui berita resmi statistik yang diterima Sabtu (2/3).

Baca Juga: PHRI Dukung Penerapan Wisata Halal di Sulawesi Selatan

1. Kunjungan di awal tahun cenderung lebih sepi

Awal Tahun 2019, Wisman di Makassar Didominasi Warga Negeri JiranIDN Times/Rehuel ​Willy Aditama

Data BPS Sulsel menunjukkan bahwa kunjungan wisman di Makassar pada awal tahun cenderung lebih rendah, jika dibandingkan periode akhir tahun. Pada Januari ini misalnya, jumlah wisman menurun 40,33 persen dibandingkan Desember 2018. Saat itu wisman yang masuk ke Makassar sebanyak 1.406 kunjungan.

Namun kondisi sebaliknya terlihat pada perbandingan tahun ke tahun. Jumlah wisman ke Makassar pada Januari 2019 sedikit meningkat dibandingkan Januari 2018, yakni 826 kunjungan.

2. Turis dari lima negara langganan berkunjung ke Makassar

Awal Tahun 2019, Wisman di Makassar Didominasi Warga Negeri Jiraninstagram.com/nunu_4nwar

Tabel perkembangan jumlah wisman BPS memperlihatkan, terdapat lima negara merupakan penyumbang wisatawan terbesar di Makassar pada awal tahun. Selain Malaysia, wisatawan berasal dari Singapura, Jerman, Amerika Serikat, dan Australia.

Jika ditotal, wisman asal lima negara tersebut mendominasi atau berkisar 82 persen dari total wisman yang masuk ke Makassar. Kondisi tersebut tercatat setidaknya pada Januari 2018 dan 2019.

“Pada Januari 2019, jumlah wisman dari lima negara ini sebanyak 688 kunjungan,” kata Akmal.

3. Pemerintah upayakan penambahan rute penerbangan langsung ke luar negeri

Awal Tahun 2019, Wisman di Makassar Didominasi Warga Negeri Jirantraveltodayindonesia.com

Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara ke daerahnya, terutama Makassar. Salah satunya dengan menambah rute penerbangan pesawat langsung dari dan keluar negeri.

Belum lama ini, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengungkapkan rencana pembukaan rute penerbangan dari Makassar menuju Tokyo, Jepang. Penerbangan langsung pesawat Garuda Indonesia rencananya dibuka mulai Juni 2019, dan diujicoba empat kali dalam sepekan.

Saat ini juga tengah dijajaki kemungkinan penerbangan langsung dari Makassar ke Osaka dan Nagoya, Jepang. Begitu pun dengan kota-kota di negara lain yang jadi langganan wisman Sulsel.

“Dari enam juta wisatawan mancanegara ke Indonesia, kita (Sulsel) hanya kecipratan empat persen. Jepang punya wisatawan besar setiap tahun, saya yakin direct flight akan menggairahkan pariwisata,” kata Nurdin.

Baca Juga: Tiga Negara Lirik Investasi LRT di Makassar

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya