Upah Melipat Surat Suara Pilpres di Makassar Rp75 per Lembar

Surat suara Pileg dan DPD dihargai sedikit lebih tinggi

Makassar, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar, Sulawesi Selatan, bakal merekrut sekitar 800 tenaga untuk melipat surat suara Pemilihan Umum 2019. Distribusi surat suara dari percetakan diperkirakan tiba Selasa (5/3) besok, dan segera disortir sesuai jenisnya.

Anggota KPU Makassar Gunawan Mashar mengatakan, tenaga yang direkrut akan diberi upah sesuai jumlah kertas yang dilipat. Untuk kertas Pemilihan Presiden 2019, upahnya Rp75 per lembar.

“Untuk kertas pemilihan anggota legislatif dan DPD sekitar Rp96 per lembar. Sedangkan untuk kertas suara Pilpres lebih murah karena membentuk lipatannya lebih mudah,” kata Gunawan di Makassar, Senin (4/3).

1. Surat suara diterima secara bergelombang

Upah Melipat Surat Suara Pilpres di Makassar Rp75 per LembarIDN Times / Istimewa

Gunawan mengatakan, surat suara akan disortir dan dilipat di sebuah gudang, di kawasan Borong, kecamatan Manggala, Makassar. Surat suara akan tiba secara bergelombang, diawali kertas untuk Pilpres. Sedangkan surat suara untuk caleg DPRD Kota akan tiba belakangan.

Surat suara akan disortir sesuai prioritas. Ditargetkan, proses sortir dan lipat selesai paling lambat akhir Maret. Waktu itu seiring dimulainya proses distirbusi logistik secara bertahap ke tempat pemungutan suara (TPS).

2. Kertas surat suara mencapai 5 juta lembar

Upah Melipat Surat Suara Pilpres di Makassar Rp75 per LembarIDN Times / Istimewa

KPU Kota Makassar memperkirakan surat suara untuk Pemilu 2019 berkisar lima juta lembar. Jumlah itu sudah termasuk surat suara cadangan. Rinciannya, surat suara terbagi untuk Pilpres, caleg tingkat provinsi, caleg tingkat kabupaten/kota, caleg DPR RI, serta calon senator DPD RI.

Gunawan menerangkan, pihaknya tidak terlalu sulit mencari tenaga untuk menyortir dan melipat surat suara. Sebab KPU sudah punya pengalaman menggunakan jasa orang pada Pemilihan Kepala Daerah tahun 2018 lalu.

“Sekarang sudah ada sekitar 500 orang. Kita tinggal cari lagi sebagian untuk tambahannya,” ucap Gunawan. 

3. Perakitan kotak suara selesai sesuai target

Upah Melipat Surat Suara Pilpres di Makassar Rp75 per LembarIDN Times / Aan Pranata

Ketua KPU Makassar Farid Wajdi mengatakan pemenuhan logistik Pemilu diupayakan tepat waktu. Pada Sabtu pekan lalu, sebanyak 19.178 kotak suara untuk kota Makassar telah selesai dirakit. Saat ini KPU Makassar tinggal menunggu pengiriman pengganti kotak suara yang rusak.

Sebelumnya diberitakan, KPU Makassar hanya melibatkan sekitar 20 petugas internal untuk merakit kotak suara. Rata-rata setiap hari dirakit seribu kotak yang berbahan kardus. Setiap kotak, dikerjakan dalam tempo satu hingga dua menit.

“Kita sengaja memulai lebih awal perakitan kotak agar bisa mengukur keadaannya. Supaya bisa mengetahui kondisi dan kelayakan surat suara sebelum didistribusikan,” ujar Farid 12 Februari lalu.

Baca Juga: Lima Jenis Kertas Suara Saat Pemilu, Ini Detail dan Cara Mencoblos

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya