Maju Lagi di Pilkada Makassar, Bos PSM Daftar Lewat PDIP  

Munafri menegaskan tidak datang sebagai bakal calon wakil

Makassar, IDN Times - CEO klub sepak bola PSM Makassar Munafri Arifuddin resmi mendaftarkan diri pada penjaringan bakal calon wali kota di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Pendaftaran ditandai dengan pengembalian formulir dan kelengkapan berkas pendukung di Sekretariat DPC PDIP Makassar, Jalan Serigala, Jumat (13/9) petang.

Munafri yang menggunakan kemeja putih datang ke Sekretariat PDIP bersama sejumlah pendukungnya. Dia diterima Ketua PDIP Makassar Andi Suhada Sappaile dan sejumlah pengurus DPC. Antara lain Sekretaris Mesakh Raymond Rantepadang dan Ketua Tim Penjaringan Raisul Jaiz.

"Kami memakai seragam putih karena warna ini netral. Menurut saya ini hal baik, kebetulan ini hari Jumat. Kami datang dengan jiwa yang suci dan bersih agar bisa berkolaborasi dengan PDIP," kata Munafri saat keluar dari Kantor PDIP.

1. Munafri enggan jadi calon wakil wali kota

Maju Lagi di Pilkada Makassar, Bos PSM Daftar Lewat PDIP  Humas Pemprov Sulsel

Appi pun memastikan akan bertarung kembali pada Pemilihan Kepala Daerah Kota Makassar tahun 2020. Dia merupakan calon tunggal pada Pilkada Makassar tahun 2018 namun gagal memenangi lebih dari setengah pemilih. Pilkada pun diulang karena tanpa pemenang.

Soal peluang diusung sebagai calon oleh PDIP, Munafri menyerahkannya kembali kepada partai. Dia juga tengah berupaya mencari kendaraan parpol lain agar dapat memenuhi syarat mencalonkan diri. Yang jelas, Munafri hanya ingin menjadi calon wali kota, bukan calon wakil.

"Semua calon yang maju ini untuk posisi calon wali kota. Bukan wakil. Kita akan lihat seperti apa proses ke belakang," ucapnya.

Baca Juga: Pilkada Makassar, Calon Perseorangan Wajib Setor 65 Ribu Dukungan KTP

Baca Juga: Survei Pilkada Makassar, Danny Pomanto dan Deng Ical Teratas  

2. Sudah lima kandidat yang mendaftar ke PDIP Makassar

Maju Lagi di Pilkada Makassar, Bos PSM Daftar Lewat PDIP  Unsplash/Element5 Digital

PDIP Kota Makassar membuka penjaringan bakal calon wali kota Makassar sejak 9 September. Pendaftaran sekaligus pengembalian formulis akan ditutup Sabtu (14/9).

Sejauh ini ada 15 kandidat yang mengambil formulir, baik secara langsung maupun diwakili. Namun hingga Jumat (13/9), baru lima di antara mereka yang mendaftar atau mengembalikan formulir.

Mereka yang telah mendaftar, antara lain Yagkin Padjalangi, H Alimuddin, Syamsu Rizal, Syukriansah S Latif, dr Taufiqqulhidayat Ande atau Onasis, dan teranyar Munafri Arifuddin.

"Kita sampaikan bahwa kandidat yang mau mendaftar bisa diwakili, tapi saat pengembalian calonnya harus datang," kata Ketua Tim Penjaringan Raisul Jaiz.

Baca Juga: Putusan MK Terbit, Danny Pomanto Bisa "Nyalon" Lagi di Pilkada Makassar

3. Danny Pomanto diagendakan menyusul di hari terakhir

Maju Lagi di Pilkada Makassar, Bos PSM Daftar Lewat PDIP  IDN Times / Aan Pranata

Sebelumnya, sejumlah figur populer mengambil formulir pendaftaran di penjaringan bakal calon wali kota PDIP Makassar. Termasuk Wali Kota Makassar periode 2014-2019 Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto dan Kepala Balitbangda Provinsi Sulsel Irman Yasin Limpo.

Panitia penjaringan sudah mengonfirmasi kandidat lain yang segera mengembalikan formulir pendaftaran. Danny Pomanto, misalnya, diagendakan datang ke Sekretariat PDIP Makassar pada hari terakhir pendaftaran, Sabtu (14/9).

Danny Pomanto, menurut informasi yang disampaikan kepada panitia, akan datang bersama sejumlah komunitas pendukung. "Rencananya besok jam sepuluh pagi," ucap Raisul.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya