Laga Final PSM vs Persija Dijaga 2.500 Aparat Keamanan

Tiket yang dilego secara online sudah ludes terjual

Makassar, IDN Times - Partai leg kedua final Piala Indonesia akan mempertemukan PSM Makassar dengan Persija Jakarta, di Stadion Andi Mattalatta Makassar, Minggu (28/7). Sebanyak 2.500 petugas keamanan dikerahkan untuk mengawal pertandingan tersebut.

Kepala Polres Makassar Kombes Wahyu Dwi Ariwibowo mengatakan, aparat akan dikerahkan mengamankan di sekitar lokasi pertandingan. Polisi menyiapkan skema pengamanan lewat tiga lapis penjagaan dari luar hingga ke dalam stadion.

"Saya siapkan sekitar 2.500 personel untuk pengamanan. Itu dari TNI - Polri, Dinas Perhubungan, dan Polisi Pamong Praja. Untuk sterilisasi sudah pasti," kata Kapolres usai menggelar rapat koordinasi dengan panitia pelaksana pertandingan PSM Makassar di kantornya, Jumat (26/7).

Baca Juga: Final Piala Indonesia: Persija vs PSM, Aroma Revans di Ibu Kota

1. Penonton diimbau tertib dan tak membawa barang terlarang

Laga Final PSM vs Persija Dijaga 2.500 Aparat KeamananIDN Times/Abdurrahman

Kapolres meminta agar seluruh penonton dan pendukung PSM Makassar menjaga ketertiban selama berada di stadion saat final nanti. Pihak keamanan akan menggelar pemeriksaan dari ring terluar untuk memastikan tidak ada penonton yang membawa barang terlarang.

Untuk memastikan ketertiban, Polisi juga hanya akan membolehkan penonton yang memegang tiket untuk masuk ke area stadion. Pihak keamanan tetap berkoordinasi dengan panpel untuk memastikan pertandingan berjalan lancar.

"Saya minta hal-hal yang tidak diperbolehkan, seperti flare, mercon, tidak dibawa. Karena akan merugikan pihak PSM sendiri. Saya minta semua bekerja sama dalam pelaksanaan kegiatn pengamanan ini," kata Kombes Dwi.

2. Tiket yang dilepas lewat daring sudah ludes terjual

Laga Final PSM vs Persija Dijaga 2.500 Aparat KeamananANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Penanggung jawab Panpel PSM Makassar Ali Gauli mengungkapkan bahwa seluruh tiket pertandingan final Piala Indonesia yang disesuaikan dengan kapasitas stadion, sudah habis terjual. Panitia sendiri menyiapkan 13 ribu lembar yang dijual secara daring. Jumlah itu belum termasuk dua ribu tiket yang disiapkan untuk tamu undangan dan dan sponsor.

Penjualan tiket dibuka Rabu (25/7) lalu, namun habis terjual hanya dalam beberapa jam. Panpel lepas tangan jika saat ini ada segelintir calo yang masih menjual tiket di atas harga awal.

"Kita tidak bisa intervensi lebih jauh, karena itu hukum pasar. Kita coba cari solusi lain, mudah-mudahan dalam satu-dua hari ini ada penambahan. Tapi masih akan didiskusikan," kata Ali.

3. Panpel siapkan layar lebar di depan stadion

Laga Final PSM vs Persija Dijaga 2.500 Aparat KeamananANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Panpel PSM berharap pertandingan final leg kedua berlangsung aman. Sebab partai ini akan jadi barometer sepakbola Makassar di kancah nasional. Ali menyampaikan permintaan maaf karena tidak semua penonton dan pendukung PSM bisa terakomodir dalam penjualan tiket.

Sebagai solusi bagi penonton yang tidak bisa masuk ke stadion, Panpel PSM menyiapkan kegiatan nonton bareng di kawasan pelataran stadion Andi Mattalatta. Sebuah layar lebar berukuran raksasa disiapkan agar ribuan orang yang tidak tertampung kursi stadion, bisa ikut merasakan suasana partai final.

"Kita lihat antusiasme penonton cukup besar. Mudah-mudahan dapat berjalan aman," ujar Ali.

Baca Juga: Imbas Jadwal Padat, Ini Daftar Laga Tunda PSM Makassar di Liga 1 2019

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya