Kapolda Puji Danny Pomanto Pasang Ribuan CCTV di Makassar

Polda Sulsel dan Pemkot Makassar menjalin MoU

Makassar, IDN Times - Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan Irjen Setyo Boedi Moempoeni, Senin (11/9/2023) meneken nota kesepahaman (MoU) dengan Wali Kota Makassar M. Ramdhan Pomanto. MoU mencakup upaya bersama dalam hal menjaga ketertiban lalu lintas, keamanan masyarakat, serta kondusivitas di tahun politik.

MoU tentang Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi dan Command Center ini merencanakan integrasi teknologi informasi antar Pemkot Makassar dengan Polda Sulsel. Pada kesempatan itu, Kapolda menyampaikan apresiasinya kepada Ramdhan Pomanto karena sudah banyak menghadirkan CCTV atau kamera pengintai hingga ke lorong-lorong.

"Pak wali ini luar biasa karena sudah menempatkan ribuan CCTV. Dengan kerja sama integrasi jaringan IT antara Makassar dengan Polda maka itu saling mendukung untuk menciptakan ketertiban di masyarakat," Kapolre Irjen Setyo di sela meninjau War Room Balai Kota Makassar, Senin.

Baca Juga: Pemkot Makassar Jamin Air Bersih buat Warga Terdampak Kekeringan

1. Kamera CCTV pemkot bantu polisi mengungkap kasus-kasus kejahatan

Kapolda Puji Danny Pomanto Pasang Ribuan CCTV di MakassarKapolda Sulsel Irjen Setyo Boedi Moempoeni meninjau war room Pemkot Makassar, Senin (11/9/2023). (Dok. Humas Pemkot Makassar)

Kapolda menyatakan sebelumnya MoU serupa sudah berjalan selama tiga tahuun. Ini merupakan perpanjangan kerja sama antara kedua pihak.

Pihaknya mengungkapkan upaya itu membuat Polda terbantu dengan baik dalam pengungkapan kasus-kasus kejahatan. Sekaligus mendukung ETLE yang terdeteksi mengalami penurunan dalam pelanggaran lalulintas.

"Tentunya masyarakat diuntungkan karena tingkat kejahatan menurun. Membantu mengawasi tingkat eskalasi secara langsung, deteksi dini. Jadi bisa diantisipasi dengan baik. Efektivitas jaringan IT dan penempatan cctv ini sangat membantu," ucapnya.

2. Danny Pomanto minta saran penempatan CCTV baru

Kapolda Puji Danny Pomanto Pasang Ribuan CCTV di MakassarIlustrasi pantauan CCTV (IDN Times/Istimewa)

Danny -sapaan Ramdhan Pomanto- mengungkapkan, Pemkot Makassar masih akan terus menambah CCTV. Ke depan, pihaknya meminta saran dari jajaran Polda Sulsel terkait lokasi mana yang akan dipasangi CCTV.

"Saya minta saran, misalnya cctv nya dipasang di jalur mana lagi, angle-nya bagaimana, jadi kalau dipasang face recognize bisa langsung di-relay ke Polda. Jadi antisipasi, reaksi, mitigasi bisa lebih cepat," kata Danny di sela-sela mendampingi Kapolda.

Tentunya, ujar dia, langkah ini juga sebagai upaya menjaga stabilitas keamanan seiring agenda politik nasional tahun depan, yaitu Pemilu 2024.

3. Danny menyebut CCTV terpasang di dua ribu lorong

Kapolda Puji Danny Pomanto Pasang Ribuan CCTV di MakassarKapolda Sulsel Irjen Setyo Boedi Moempoeni dan Wali Kota Makassar M. Ramdhan Pomanto menekan MoU tentang Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi dan Command Center. (Dok. Humas Pemkot Makassar)

Danny Pomanto mengatakan CCTV di Kota Makassar ditunjang teknologi terbaru dengan kualitas gambar beresolusi tinggi. Daya manfaatnya juga masih panjang, dengan garansi 100 ribu jam.

Saat ini CCTV Pemkot Makassar sudah terpasang di 2.007 lorong wisata dari target 5 ribu lorong. Pemkot berencana terus menambah titik CCTV untuk mengawasi aktivitas masyarakat.

Baca Juga: Empat Lapak Usaha di Makassar Hangus Terbakar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya