Pemkot Makassar Jamin Air Bersih buat Warga Terdampak Kekeringan

Bantuan air bersih sudah didistribusikan

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar menjamin bakal memenuhi kebutuhan air bersih warga terdampak kekeringan pada musim kemarau tahun ini. Hal ini ditegaskan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto.

Danny mengatakan distribusi air telah dilaksanakan sejak beberapa waktu lalu. Saat ini, pihaknya terus memantau kecukupan air bersih untuk masyarakat.

"Dari segi logika itu cukup, dari 50 truk satu sortir, ditambah 9 armada pengangkut air dari PDAM dan dari Dinas Pemadam Kebakaran melalui damtor," kata Danny, Minggu (10/9/2023).

Baca Juga: 6.116 Rumah di Kota Makassar Krisis Air Bersih Dampak Kekeringan

1. Diutamakan untuk lima kecamatan terdampak kekeringan

Pemkot Makassar Jamin Air Bersih buat Warga Terdampak KekeringanMohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto. IDN Times/Aan Pranata

Danny menjelaskan bantuan air bersih didistribusikan secara lebih masif ke seluruh wilayah terdampak. Sejauh ini, BPBD Makassar ada lima kecamatan terdampak kekeringan yaitu Kecamatan Biringkanayya,Tamalanrea, Ujung Tanah, Kecamatan Tallo, dan Panakkukang.

"Dengan kita mengelola air ada dua yakni air untuk MCK (mandi cuci kakus) diantar oleh damtor kebakaran dan air bersih diantar oleh truk kecamatan dan tangki PDAM," katanya.

2. Masyarakat diimbau lebih hemat air selama musim kemarau

Pemkot Makassar Jamin Air Bersih buat Warga Terdampak KekeringanPenyaluran air bersih. (IDN Times/Herka Yanis)

Distribusi air ini diharapkan mampu membantu penanganan kekeringan secara lebih optimal. Di sisi lain, Danny mengimbau masyarakat juga untuk lebih hemat air dan proaktif menghubungi pemerintah apabila kekurangan air.

"Memang tinggal informasi dan saya minta masyarakat aktif bila ada kekurangan air cepat hubungi lurahnya dan berhemat air," katanya.

3. Setiap rumah dijatah maksimal 15 jeriken

Pemkot Makassar Jamin Air Bersih buat Warga Terdampak KekeringanIlustrasi (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Kondisi kekeringan ini diprediksi masih akan terus terjadi hingga November 2023. Hal ini yang menjadi dasar upaya distribusi air bersih masih terus digencarkan.

Data terakhir BPBD Makassar pada Sabtu 9 September 2023, sebanyak 10.813 KK atau 17.730 jiwa telah menerima distribusi air bersih. Bantuan air bersih yang telah disalurkan yaitu 200.560 liter.

"Hitungan kami kemarin itu, 15 jeriken maksimal (setiap rumah) sekitar 300 liter sudah bisa 3 hari," kata Danny.

Baca Juga: Makassar Darurat Kekeringan, Krisis Air Bersih Melanda 5 Kecamatan  

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya