Kabel Optik Melintang Rendah Celakai Pengendara Motor di Makassar

Korban terjatuh dari motor, luka hingga patah gigi

Makassar, IDN Times - Seorang pengendara motor terjatuh usai terjerat kabel serat optik yang melintang di Jalan Perintis Kemerdekaan Km 12, Kecamatan Tamalanrea, Makassar. Kecelakaan itu membuat korban yang berboncengan dengan istrinya mengalami sejumlah luka.

Korban, Samsul Maarif, seorang jurnalis televisi mengatakan, peristiwa itu terjadi pada 24 Juni 2023 lalu, sekitar pukul sepuluh malam. Dia terjerat kabel yang melintang rendah di tengah jalan saat motornya melintas.

"Pas lewat situ tiba-tiba ada yang menjerat leherku. Otomatis saya terkejut karena tidak melihat apa-apa. Yang saya rasa hanya ada yang tarik leherku sementara motor jalan terus, dan saya yang berboncengan dengan istri langsung jatuh," kata Syamsul, dalam keterangannya, Selasa (15/8/2023).

Baca Juga: Danny Pomanto Sebut Semua Kabel Udara di Makassar Ilegal dan Berbahaya

1. Kabel hitam melintang rendah di tengah jalan

Kabel Optik Melintang Rendah Celakai Pengendara Motor di MakassarKabel udara fiber optik yang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Anchu -sapaan Syamsul mengatakan, saat kejadian dia tidak bisa menghindar karena kabel yang melintang rendah tidak terlihat. Warna kabel hitam, ditambah kurang penerangan, sehingga sulit terlihat di malam hari.

"Lokasinya di jalan poros, sekitar kantor Balai Karantina Pertanian yang berhadapan dengan markas Raider Yonif 700 di Tamalanrea. Saya bersama istri boncengan hendak pulang ke rumah dari arah kota menuju ke arah Sudiang, tapi pas melintas tiba-tiba saya jatuh terjerat kabel di leher," Anchu menerangkan.

2. Suami-istri luka-luka hingga patah gigi

Kabel Optik Melintang Rendah Celakai Pengendara Motor di MakassarSeorang pengendara motor terjatuh usai lehernya terjerat kabel serat optik melintang di jalan di Makassar. (Dok. Istimewa)

Akibat kecelakaan itu, Anchu dan istrinya sempat dirawat di rumah sakit karena menderita sejumlah luka. Anchu terluka di bagian leher karena jeratan kabel, sedangkan istrinya bernama Rahmah mengalami lebih banyak luka.

"Luka istriku lebih banyak, lehernya luka lecet akibat kabel yang seperti bekas terbakar, tangan dan kakinya lebam, ada pembengkakan pada kepala, dan gigi depan sampai patah," ucapnya.

Beruntung, kata dia, saat terjatuh tidak ada mobil ataupun kendaraan besar dari arah belakang. Sehingga kecelakaan fatal terhindarkan. "Saya hanya bisa memeluk istriku yang shock setelah terjatuh, dan liat motorku yang terus jalan lalu terjatuh di samping mobil yang melintas," jelasnya.

3. Kabel milik provider telekomunikasi

Kabel Optik Melintang Rendah Celakai Pengendara Motor di MakassarSeorang pengendara motor terjatuh usai lehernya terjerat kabel serat optik melintang di jalan di Makassar. (Dok. Istimewa)

Dari foto yang ditunjukkan korban, kabel yang menjeratnya bertuliskan perusahaan penyedia layanan telekomunikasi XL Axiata. Korban mengatakan sudah membuat laporan kecelakaan di polisi, dan berharap ada tanggung jawab pihak terkait yang menyebabkan kecelakaan.

"Tentunya saya akan minta itikad baik dari yang bertanggung jawab atas peristiwa yang membuat saya dan istri celaka bahkan membahayakan nyawa saya dan istri saya," Ucap Samsul.

Selain Samsul dan istrinya, terdapat dua pengendara lain juga ikut terjatuh pada saat yang sama. Namun mereka disebut tidak mengalami luka-luka karena. Pihak XL Axiata belum merespons upaya konfirmasi soal kejadian itu.

Baca Juga: 1 Unit Teman Bus Makassar Ditahan Polisi usai Terlibat Kecelakaan Maut

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya