Kabar Gembira, Jemaah Haji Dapat Tambahan Jatah Air Zamzam

Setiap anggota jemaah haji mendapatkan total sepuluh liter

Makassar, IDN Times - Kabar gembira bagi jemaah haji jelang jadwal kepulangan ke Tanah Air. Setiap anggota jemaah asal Indonesia akan mendapatkan tambahan jatah air zamzam.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Sulsel, Iqbal Ismail. Info penambahan jatah air zamzam, kata Iqbal, diperoleh langsung dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, yang bertugas sebagai Amirul Hajj di Arab Saudi.

"Selama ini jemaah nenerima lima liter air zamzam dan sudah ada di kantor Kemenag masing-masing. Insya Allah akan ditambah lagi masing-masing lima liter," kata Iqbal dalam video keterangannya dari Saudi, Selasa (4/7/2023).

Baca Juga: Jadwal Kedatangan Jemaah Haji Embarkasi Makassar, Besok Kloter 1

1. Pengiriman tambahan jatah air zamzam sedang diproses

Kabar Gembira, Jemaah Haji Dapat Tambahan Jatah Air ZamzamAir zamzam milik jemaah haji asal Embarkasi/Debarkasi Makassar telah tiba di Sudiang/Humas PPIH Makassar

Iqbal menyampaikan bahwa jatah air zamzam tambahan akan segera dikirim dari Saudi ke Indonesia. Jemaah haji diminta bersabar menunggu, karena kemungkinan pembagian lima liter tambahan akan berbeda dengan jatah awal.

"Ini kebijakan Gusmen. Jatah air zamzam tambahan akan digropke Kanwil-Kanwil Kemenag," ucap Iqbal.

2. Jemaah haji tiba bertahap mulai 5 Juli

Kabar Gembira, Jemaah Haji Dapat Tambahan Jatah Air ZamzamIlustrasi jemaah haji di Asrama Haji. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Iqbal melaporkan bahwa jemaah haji Embarkasi Makassar akan dipulangkan dari Saudi mulai Selasa (4/7/2023). Jemaah kloter I berisi 392 orang termasuk petugas kloter akan tiba di Makassar pada Rabu pagi (5/7/2023).

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Makassar akan menyambut kepulangan jemaah haji yang terbagi dalam 44 kloter. Kepulangan terbagi dalam dua gelombang, yaitu gelombang pertama berangkat dari Jeddah dan gelombang kedua dari Madinah.

Iqbal meminta PPIH bersiap melayani kedatangan jemaah haji di Asrama Haji Makassar. Terutama lansia yang butuh penanganan khusus.

"Layani mereka dengan pelayanan sepenuh hati," pesan Iqbal kepada PPIH.

3. Sebanyak 13 anggota jemaah dirawat di rumah sakit, 21 wafat

Kabar Gembira, Jemaah Haji Dapat Tambahan Jatah Air ZamzamIlustrasi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

Iqbal mengungkapkan, hingga jelang agenda kepulangan jemaah haji, ada 13 anggota jemaah yang sakit. Mereka kini dirawat di rumah sakit di Saudi.

Iqbal menyebut sejauh ini sebanyak 21 anggota jemaah Embarkasi Makassar wafat dan dimakamkan di Saudi. Dia berharap jumlah itu tidak bertambah

"Kami harapkan jemaah tetap sehat," katanya.

Baca Juga: Identitas 21 Anggota Jemaah Haji Embarkasi Makassar Wafat di Saudi

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya