Jadwal Kedatangan Jemaah Haji Embarkasi Makassar, Besok Kloter 1

Pemulangan jemaah haji terbagi dalam 44 kloter

Makassar, IDN Times - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Makassar menyambut kepulangan jemaah haji dari Arab Saudi. Kelompok terbang pertama akan tiba dari Jeddah pada Rabu pagi (4/7/2023).

Pesawat Garuda Indonesia yang membawa kloter I dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar pukul 9.45 Wita. Kloter ini membawa 388 anggota jemaah asal Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

"Kloter pertama Embarkasi Makassar Insya Allah terbang meninggalkan Jeddah pada Tanggal 4 Juli," kata Humas PPIH Debarkasi Makassar Mawardi Siradj melalui pesan WhatsApp kepada wartawan, dikutip Selasa (4/7/2023).

Baca Juga: Identitas 21 Anggota Jemaah Haji Embarkasi Makassar Wafat di Saudi

1. Pemulangan jemaah terbagi dalam 44 kloter

Jadwal Kedatangan Jemaah Haji Embarkasi Makassar, Besok Kloter 1Mockup pesawat Garuda Indonesia di Asrama Haji Sudiang Makassar. (IDN Times/Aan Pranata)

Menurut jadwal yang diterima IDN Times Sulsel, jadwal kepulangan jemaah haji Debarkasi Makassar akan berlangsung hingga 3 Agustus 2023. Jemaah terbagi dalam 44 kloter, yang akan tiba di Tanah Air secara berangsur.

Pemulangan jemaah haji terbagi dalam dua gelombang. Pada gelombang pertama, jemaah direrbangkan dari Jeddah. Sedangkan di gelombang kedua, jemaah berangkat dari Madinah.

2. Jemaah haji asal delapan provinsi berangkat dan pulang lewat Makassar

Jadwal Kedatangan Jemaah Haji Embarkasi Makassar, Besok Kloter 1Jadwal kepulangan jemaah haji Debarkasi Makassar. (Dok. PIH Debarkasi Makassar)

Pada tahun ini, PPIH Embarkasi Makassar memberangkatkan jemaah haji berjumlah 16.888 orang. Jemaah diterbangkan dari Makassar secara bertahap dalam 44 kelompok terbang, termasuk tiga kloter kuota tambahan. 

Dari jumlah itu, 7.914 di antaranya berasal dari Sulawesi Selatan. Sedangkan 8.762 berasal dari tujuh provinsi, yaitu Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara. Di antara rombongan terdapat petugas TPHI, TPIHI dan TKHI yang berjumlah 212 orang.

Sekretaris PPIH Debarkasi Makassar Ali Yafid menyampaikan bahwa pada tahun ini seremoni penerimaan jemaah di Asrama Haji Sudiang cukup satu kali. Yaitu saat kloter pertama tiba di Aula Arafah Asrama Haji Makassar. Pada tahun-tahun sebelumnya, seremoni penerimaan dilakukan setiap kedatangan kloter jemaah haji.

“Seremoni penerimaan jemaah secara resmi hanya dilakukan satu kali, yaitu ketika kloter pertama tiba dan akan diterima oleh Gubernur Sulawesi Selatan,” kata Ali Yafid.

3. Jemaah haji diingatkan jangan bawa barang terlarang

Jadwal Kedatangan Jemaah Haji Embarkasi Makassar, Besok Kloter 1ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Juru Bicara PPIH Pusat Akhmad Fauzin mengingatkan jemaah haji agar mematuhi ketentuan barang bawaan yang akan dibawa dalam kopernya. Garuda Indonesia dan Saudia Airlines hanya akan mengangkut barang bawaan jemaah haji berupa tas paspor, koper kabin, dan koper bagasi sesuai standar yang diberikan dan berlogo maskapai.

“Jemaah haji Indonesia berhak membawa koper kabin dengan berat maksimal 7 kg, koper bagasi dengan berat maksimal 32 kg, dan tas paspor," katanya.

“Sesuai aturan penerbangan, barang-barang yang dilarang dibawa selama penerbangan, yaitu: barang yang mudah terbakar/ meledak, senjata api dan senjata tajam, gas, aerosol, dan cairan melebihi 100ml, uang lebih dari Rp100.000.000 atau SAR25.000, dan Air Zamzam,” dia menambahkan.

Baca Juga: PPIH Debarkasi Makassar Siap Sambut Kepulangan Jemaah Haji

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya